BolaSkor.com - Barcelona lolos ke perempat final usai menyingkirkan wakil Premier League, Chelsea. Barca menjadi klub La Liga ketiga yang memastikan tempat di 8 besar Liga Champions musim ini.

Artinya semua wakil La Liga di babak 16 besar sukses melaju ke perempat final. Barcelona mengikuti jejak Real Madrid dan Sevilla yang sudah lebih dulu lolos.

Tak tanggung-tanggung, ketiga wakil Spanyol ini meraih tiket ke perempat final setelah menaklukkan lawan-lawan yang tergolong tangguh. Real Madrid menyingkirkan Paris Saint-Germain, Sevilla mendepak Manchester United, terakhir Barca menggusur Chelsea.

Ini merupakan tahun keenam secara beruntun La Liga mengirimkan tiga wakil ke babak perempat final Liga Champions. Selain itu ini menjadi musim kedelapan berturut-turut Barca dan Madrid sama-sama mentas di perempat final Liga Champions.

Sementara kegagalan Chelsea lolos ke perempat final membuat wakil Premier League berkurang tiga. Sebelumnya, Tottenham Hotspur terlebih dulu disingkirkan Juventus dan Manchester United didepak Sevilla. Kini, tinggal dua klub asal Inggris yang bertahan, Manchester City dan Liverpool.

Meski begitu, Inggris masih bisa bangga kerena inilah pertama kalinya mereka menghadirkan dua wakil di perempat final sejak 2014.

Jumlah yang sama dicatat Serie A musim ini. Untuk pertama kalinya dalam 11 tahun akhirnya ada dua klub asal Italia yang manggung di perempat final Liga Champions.

Melihat situasi saat ini, ada kemungkinan klub La Liga bakal kembali menjadi kampiun Eropa. Klub asal Spanyol mendominasi ajang paling bergengsi di Benua biru.

Dalam sembilan edisi terakhir, enam kali klub asal Spanyol keluar sebagai juara, termasuk empat gelaran terakhir. Dari enam kali juara, Barcelona dan Real Madrid berbagi tiga trofi.

Namun jalan cerita di sisa Liga Champions masih tergantung dari hasil undian perempat final yang akan digelar di markas UEFA Nyon, Swiss pada Jumat (16/3) malam WIB.