BolaSkor.com - Manchester berwarna biru. Itulah yang terlihat jelas setelah kemenangan 6-3 Manchester City atas Manchester United pada lanjutan laga Premier League di Etihad Stadium, Minggu (02/10) malam WIB.

The Citizens memperlihatkan kelas bermain di atas rival sekota dengan 55 persen penguasaan bola, 22 tendangan (10 tepat sasaran) berbanding 12 tendangan (delapan tepat sasaran).

Enam gol Man City lahir dari dua pemain yang sama-sama menorehkan hat-trick gol, yakni Phil Foden (8' 44' 72') dan Erling Haaland (34' 37' 64'), sementara tiga gol Man United datang dari Antony (56') dan dua gol Anthony Martial (84', 90+1' penalti).

Baca Juga:

3 Alasan Cristiano Ronaldo Masih Dibutuhkan Manchester United

Punya Segudang Pengalaman, Cristiano Ronaldo Bakal Bungkam Kritik

Man City 6-3 Man United: Manchester Berwarna Biru, Red Devils Melongo

"Kami kecolongan dari beberapa aksi lawan. Hal-hal sederhana saat kami tak melakukannya dengan baik dan harus berkembang di area itu. Kualitas pemain yang Anda punya di depan jadi pembeda. Ini bukan tentang United, kami bagus. Pada babak kedua mereka lebih baik," tutur Pep Guardiola selepas laga, dikutip dari jurnalis The Athletic Laurie Whitwell.

Selepas laga itu sejarah dan rekor diukir Man City hanya dari dua pemainnya, pahlawan mereka yang sama-sama menorehkan trigol. Bagi Foden itu jadi gol ke-50 untuk Man City di seluruh kompetisi dan memecahkan rekor Lionel Messi.

Pada usia 22 tahun 127 hari, Foden jadi pemain termuda di bawah asuha Pep Guardiola yang mencapai 50 gol. Dia melalui Messi (22 tahun 162 hari). Catatan apalagi yang ditorehkan dua pemain itu? Berikut rangkumannya setelah menilik dari berbagai sumber:

1. Erling Haaland jadi pemain Man City pertama yang menorehkan hat-trick gol lawan Man United sejak Francis Lee pada Desember 1970.

2. Erling Haaland jadi pemain pertama dalam sejarah Premier League yang menorehkan hat-trick gol di tiga laga kandang beruntun.

3. Pada usia 22 tahun 73 hari, Erling Haaland jadi pemain termuda kedua yang mencetak gol pertamanya di debut Derby Manchester, setelah Mario Balotelli pada Oktober 2011.

4. Man City jadi tim kedua yang punya dua pencetak gol hat-trick di satu laga Premier League, setelah Arsenal lawan Southampton (2003) dan Leicester lawan Southampton (2019).

5. Erling Haaland terlibat langsung lima dari enam gol City ke United (tiga gol dan dua assists), keterlibatan gol terbanyak di satu laga Premier League di Derby Manchester.