BolaSkor.com - Manchester City melaju ke putaran empat Piala FA dengan mengalahkan Birmingham City di Etihad Stadium, Minggu (10/01) malam WIB. The Citizens menang 3-0 melalui dua gol Bernardo Silva (8' 15') dan Phil Foden (33').

City dominan atas Birmingham dengan 74 persen penguasaan bola, 16 tendangan dan enam tendangan tepat sasaran. Tim tamu hanya 'diberi' dua kans melepaskan tendangan tepat sasaran dan 26 persen penguasaan bola.

Performa hebat City arahan Pep Guardiola menjaga momentum bermain usai menyingkirkan rival sekota, Manchester United di semifinal Piala Liga dengan skor 2-0. City masih dalam jalur perebutan empat titel.

Selain Piala FA City juga masih berpatisipasi di Piala Liga, Liga Champions, dan Premier League. City kian kuat musim ini setelah merekrut Ruben Dias, Nathan Ake, dan Ferran Torres. Akan tapi di antara banyak pemain nama Phil Foden selayaknya diperhitungkan.

Baca Juga:

Musim Terbaik Phil Foden bersama Manchester City

Ruben Dias, Kunci Sukses Jangka Panjang Manchester City

Ketika John Stones Kembali Bersinar bersama Man City

Bernardo Silva dan Phil Foden

Dia bukan rekrutan anyar melainkan pemuda dari akademi yang dengan sabar menanti peluang di tim utama. Foden (20 tahun) tak menyiakan kesempatan dari Guardiola dan sudah bersabar sejak 2017 ketika pemain satu generasi sepertinya, semisal Jadon Sancho dan Brahim Diaz hengkang.

Momen untuk bersinar pun muncul musim ini. Foden langsung mengisi peran yang ditinggal David Silva (hengkang ke Real Sociedad) dan menjalani salah satu musim terbaiknya.

Satu gol dan assist-nya memastikan Foden terlibat dalam 12 gol di seluruh kompetisi musim ini (tujuh gol dan lima assist). Menurut Opta itu jadi jumlah terbanyak di antara pemain U-21 lainnya yang bermain di Premier League.

Berkat performa hebatnya itu City juga memperpanjang catatan kemenangan kandang di Piala FA menjadi tujuh beruntun, catatan terbaik klub selama 70 tahun pada rekor yang terakhir tercipta pada Januari 1946.

Penampilan Foden menjadikannya sebagai pemuda kreatif terbaik yang ada di Premier League. Namanya disinyalir sudah masuk rencana Gareth Southgate untuk dibawa ke timnas Inggris untuk Piala Eropa 2020.