Piala AFC 2021 Bisa Dibilang Batal, AFC Akan Mengeluarkan Keputusan Resmi

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 05 Juli 2021
Piala AFC 2021 Bisa Dibilang Batal, AFC Akan Mengeluarkan Keputusan Resmi
Sekretaris Jenderal (Sekjen) AFC, Datuk Windsor Paul John. (AFC)

BolaSkor.com - Piala AFC 2021 bisa dikatakan batal. Hal ini seperti disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) AFC, Datuk Windsor Paul John.

Kepada media Malaysia Arena Metro, Datuk Windsor Paul John membenarkan bahwa rapat Komite Kompetisi AFC secara aklamasi membatalkan Piala AFC 2021 setelah tidak ada tim atau negara yang siap menjadi tuan rumah.

Salah satu contohnya diperkirakan terkait tuan rumah zona ASEAN, yakni Grup G, H, dan I. Grup G yang diisi Hanoi, Bali United, Boeung Ket, dan pemenang playoff sejauh ini belum mendapat tuan rumah.

Pun Grup H yang diisi Persipura Jayapura dan I setelah Singapura mengundurkan diri sebagai tuan rumah. Indonesia sempat muncul sebagai calon rumah zona ASEAN, namun belakangan diragukan menyusul penundaan Liga 1 dan Liga 2 karena naiknya angka COVID-19.

Baca Juga:

Bali United dan Persipura Terancam Urung Berlaga di Piala AFC 2021

Piala Asia Wanita U-17 2022 di Indonesia Resmi Dibatalkan AFC

"Jika mengikuti situasi sekarang, memang pertandingan Piala AFC batal dan apabila menjalankan apakah ada tim atau negara yang mau menjadi tuan rumah dalam waktu dekat?" katanya.

"Oleh itu bisa dikatakan pertandingan dibatalkan dan AFC akan mengeluarkan surat resmi dalam jangka dua atau tiga hari."

"Kalau mau ditunda, banyak hal yang harus dipikirkan karena sebagian besar negara masih menutup perbatasan selain kasus COVID-19 yang masih tinggi," tambahnya.

Sementara itu dalam rilis terbaru, Komite Eksekutif AFC menyadari perkembangan pandemi yang berpengaruh dan menjadi tantangan bagi penyelenggaraan Piala AFC 2021. Terlepas dari upaya yang sudah dilakukan pemangku menyelesaikan fase grup secara terpusat.

"Oleh karena itu, untuk mengantisipasi tantangan lebih lanjut dan untuk memungkinkan AFC beradaptasi dan bertindak cepat dalam memenuhi komitmennya untuk menyelesaikan Piala AFC 2021, Komite Eksekutif AFC sepakat untuk mempertahankan struktur kompetisi secara keseluruhan, dengan mempertimbangkan format yang ada di setiap Zona," tulis AFC.

"Diputuskan bahwa kompetisi akan dilanjutkan dengan sisa pertandingan dan grup sebanyak mungkin, sementara pada saat yang sama, pertandingan di semua tahap yang tidak dapat dimainkan sebagai dampak pandemi COVID-19 akan dibatalkan dan pembatalan akan diakui sebagai Force Majeure," sambung pernyataan AFC.

Piala AFC Afc Breaking News Persipura jayapura Bali United
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan