Piala AFC Zona ASEAN Batal, Bali United dan Persipura Gigit Jari

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Rabu, 07 Juli 2021
Piala AFC Zona ASEAN Batal, Bali United dan Persipura Gigit Jari
Bali United (LIB)

BolaSkor.com – Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akhirnya secara resmi memutuskan untuk membatalkan Piala AFC 2021 Zona ASEAN. Pembatalan ini dilakukan oleh AFC lantaran pandemic COVID-19 yang belum mereda di seluruh dunia, termasuk Asia Tenggara.

Dengan adanya kabar tersebut, dua wakil Indonesia, Bali United dan Persipura dipastikan batal mentas. Padahal keduanya sudah mempersiapkan tim untuk berlaga di Piala AFC 2021 dengan melakukan serangkaian uji coba dan pemusatan latihan (TC).

Sebelumnya, AFC sudah melakukan rapat untuk menyikapi permasalahan ini. Mereka belum memutuskan pembatalan, akan tetapi status dari Piala AFC 2021 Zona ASEAN force majeure. Status tersebut dibuat untuk grup yang angka COVID-19 tinggi, salah satunya ASEAN.

Baca Juga:

PSSI Masih Ingin Jadi Tuan Rumah Piala AFC 2021

Pulang ke Korea Selatan, Shin Tae-yong Akui Berobat dan Cek Kesehatan

Setelah menetapkan status force majeure, AFC akhirnya secara resmi membatalkan Piala AFC Zona ASEAN. Hal itu berarti ada tiga grup, yakni G, H, dan I serta babak play-off AFC Cup batal diselenggarakan.

AFC menyebut kalau pembatalan ini karena pandemi COVID-19 dan tak menemukan tuan rumah untuk menggelar pertandingan terpusat. Padahal sebelumnya PSSI mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah terpusat turnamen kasta kedua Asia tersebut.

“Pembatalan ini sudah disetujui oleh Komite Eksekutif AFC pada 5 Juli. Pertandingan grup AFC Cup di seluruh zona tersisa akan terus mempertahankan struktur keseluruhan kompetisi. Hal itu sambil mempertimbangkan format yang ada serta kesediaan tuan rumah di setiap zona,” tulis pernyataan resmi AFC, Rabu (7/7).

Pada Piala AFC 2021, Bali United sendiri masuk Grup G pada Piala AFC 2021. Mereka segrup dengan Hanoi FC, Boeung Ket, dan satu pemenang play-off. Sedang Persipura Jayapura di Grup H bersama Kedah Darul Aman, Lion City Sailors, dan Saigon FC.

Piala AFC 2021 Afc Bali United Persipura jayapura Liga 1 Breaking News Piala AFC
Posts

4.871

Bagikan