BolaSkor.com - Tahun 2018 menjadi momen di mana masyarakat Indonesia merasakan euforia besar di olahraga. Berbagai turnamen akbar berskala internasional hadir di tahun ini.

Piala Dunia 2018 menjadi awal dari gempita dunia olahraga di Tanah Air. Ajang empat tahun sekali yang selalu disambut suka cita masyarakat, meski Tim Nasional Indonesia tidak pernah tampil di sana.

Setelah Piala Dunia berakhir dengan Prancis keluar sebagai kampiun, masyarakat Indonesia disuguhi turnamen Piala AFF U-16. Turnamen yang mungkin dianggap remeh temeh pada awalnya, tetapi justru mengawali euforia kebanggaan akan olahraga di tanah air.

Timnas Indonesia keluar sebagai pemenang Piala AFF U-16. Garuda Muda memastikan kemenangan lewat drama adu penalti kontra Thailand di partai final yang berakhir dengan skor 5-4.

Keberhasilan Timnas Indonesia U-16 seakan membangkitkan gairah masyarakat sebelum event paling besar yang bakal dihelat yakni Asian Games 2018. Ya, sepekan setelah Garuda Muda menjadi juara, Indonesia resmi menggelar ajang olahraga terbesar Asia di Jakarta dan Palembang.

Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2018. (Instagram PSSI)

Cabang olahraga taekwondo menjadi penyumbang medali emas pertama untuk Indonesia pada Asian Games 2018. Medali tersebut dipersembahkan Defia Rosmaniar yang turun di nomor pomsae putri.

Defia Rosmaniar mengalahkan taekwodoin asal Iran, Marjan Salahshouri pada partai final yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (19/8). Defia menang dengan skor 8,690 dari juri. Adapun Marjan Salahshouri hanya meraih 8,470 poin dari juri.

Defia Rosmaniar (Instagram/defiarosmaniar)

Prestasi Defia kemudian diikuti atlet Indonesia lain yang turun pada Asian Games 2018. Dukungan penonton yang selalu ramai selama ajang empat tahunan itu berlangsung mampu membawa Kontingen Merah Putih menempati peringkat kelima klasemen akhir dengan raihan 31 medali emas.

Indonesia bahkan menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang mampu menembus 10 besar klasemen. Euforia terasa besar, meski dari cabang olahraga favorit yakni sepak bola, Timnas Indonesia U-23 tak mendapat medali apapun.

Parade kontingen atlet Indonesia Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (18/8) malam WIB. (BolaSkor.com/Rizki Fitrianto)

Selepas Asian Games 2018, pesta olahraga di Indonesia belum berakhir. Jakarta masih menggelar satu event bersejarah lain yakni Asian Para Games 2018.

Sama seperti di Asian Games 2018, kontingen Indonesia meraih prestasi membanggakan di Asian Para Games 2018. Indonesia mencatat pencapaian terbaik dengan meraih 37 emas, 47 perak, dan 51 perunggu.