Piala AFF 2018: Buntut Pengeroyokan Suporter Myanmar di Malaysia, MFF Desak AFF

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 29 November 2018
Piala AFF 2018: Buntut Pengeroyokan Suporter Myanmar di Malaysia, MFF Desak AFF
Partai Timnas Malaysia Vs Myanmar. (affsuzukicup.com)

BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Myanmar (MFF) berkirim surat untuk mendesak Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) melakukan tindakan menyusul kekerasan yang dialami suporter Myanmar di Malaysia. Kekerasan terjadi setelah partai Timnas Malaysia kontra Myanmar yang berakhir dengan skor 3-0 di Stadion Nasional Bukit, Jalil, Sabtu (24/11) malam.

Menurut Myanmar Times pada Senin (26/11), dua puluh fans Timnas Myanmar, termasuk enam wanita diserang oleh sekitar 30 orang saat menunggu bus untuk pulang. Demikian menurut U Ko Thet Ketua Organisasi Donor Darah cabang Malaysia.

"Tiga orang Myanmar terluka parah dan seorang wanita Myanmar ditendang oleh kelompok itu. Mereka tidak mengajukan laporan ke polisi karena merasa tidak akan ada tindakan efektif dalam kasus ini," katanya dikutip dari Myanmar Times.

Kelompok Hak Asasi Manusia sudah mendesak pemerintah Malaysia dan MFF untuk melindungi keamanan para fans Myanmar. Pada laga di Stadion Bukit Jalil, dilaporkan ada 5.000 pekerja Myanmar yang hadir memberikan dukungan.

Langkah yang ditempuh MFF seperti dilaporkan oleh Fox Sports Asia. Sementara Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), telah menegaskan akan memastikan insiden tak terulang lagi.

"Ini bukan yang pertama atau kedua kalinya terjadi. Ini bukan sesuatu yang cukup hanya Malaysia meminta maaf. Kami mengirim surat kepada AFF dan itu tidak hanya untuk para suporter negara kami. Kami melakukannya supaya tidak terjadi lagi di negara tuan rumah manapun ketika ada negara lain datang dan bermain," ujar Sekjen MFF, U Ko Ko Thein dikutip dari Fox Sports Asia.

"Negara tuan rumah harus ekstra hati-hati dan bertanggung jawab di sekitar stadion. Tuan rumah juga harus bertanggung jawab atas keselamatan penonton. Jika ini terus terjadi di negara tuan rumah, maka itu memengaruhi integritas AFF. Tidak akan ada yang datang menonton pertandingan di masa mendatang. Jadi untuk mencegah hal ini terjadi lagi, kami mengirim surat kepada AFF," tambahnya.

Breaking News Malaysia Myanmar Piala AFF 2018
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan