BolaSkor.com - Piala AFF 2018 level senior akan hadir pada 8 November hingga 15 Desember tahun ini. Ada 10 negara yang berpartisipasi dalam gelaran Piala AFF edisi ke-22 kali ini.

10 negara tersebut adalah Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, Vietnam, Filipina, Kamboja, Myanmar, Laos, dan satu tempat diperebutkan Brunei Darussalam kontra Timor Leste di babak kualifikasi.

Untuk Piala AFF 2018, format turnamen mengalami perubahan. Di mana, awalnya menggunakan sistem home tournament pada babak penyisihan, kali ini setiap 10 negara peserta menempati dua grup dengan menggunakan sistem kandang-tandang dari babak penyisihan hingga final.

Dalam undian grup, pot 1 dihuni juara bertahan Thailand dan Vietnam, pot 2 ada Indonesia dan Malaysia, pot 3 di tempati Filipina dan Myanmar, pot 4 dihuni oleh Singapura dan Kamboja, serta pot 5 ada Laos dan Brunei Darussalam atau Timor Leste.

Nantinya, setiap juara dan runner-up grup berhak melaju ke semifinal untuk bertarung menggunakan sistem kandang-tandang. Juara Grup A bertemu runner-up Grup B, sedangkan Juara Grup B menantang runner-up Grup A.

Piala AFF yang diadakan setiap dua tahun menjadi sebuah ajang penghapus dehidrasi para pencinta Timnas Indonesia. Masyrakat Tanah Air larut dalam gegap gempita sebuah hiburan sepak bola kelas Asia Tenggara.

Antusiasme masyarakat Tanah Air untuk mendukung Timnas Indonesia sangat besar, baik datang secara langsung ke stadion atau menyaksikan melalui saluran televisi.

Untuk itu, RCTI yang kembali dipercaya menjadi official broadcaster Piala AFF 2018, siap memberikan yang terbaik guna menunjang antusiasme masyarakat mendukung Timnas Indonesia. RCTI sudah dari tahun 2008 menayangkan secara langsung gelaran Piala AFF.

"RCTI telah menjadi official broadcaster AFF sejak tahun 2018 lalu, dan kembali mendapatkan untuk tahun ini hingga tahun 2020 mendatang. Hal ini tentu menjadikan sebagai progam spesial 2 tahunan yang sudah melekat dan menjadi bagian dari RCTI. Melalui siaran ini, kami berharap dapat memberikan sajian terbaik dari setiap pertandingan yang akan kami hadirkan kepada pemirsa pencinta sepak bola di Tanah Air, khususnya dalam mendukung Timnas Indonesia di setiap pertandingannya," kata Kanti Mirdiati selaku CEO RCTI.