BolaSkor.com - Pelatih Timnas Filipina, Scott Cooper, merasa diuntungkan dengan penundaan Piala AFF 2020. Turnamen bergensi di Asian Tenggara itu digeser ke 2021.

Semula Piala AFF 2020 dijadwalkan 23 November sampai 31 Desember 2020. Penundaan tak lepas dari pandemi yang juga belum berakhir, seperti yang dijelaskan Kamis (30/7).

AFF merasa perlu menjaga keselamatan dan kesehatan pihak yang terlibat di turnamen. Sementara itu, Wakil Ketua Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), Tran Quoc Tuan, menyebut bahwa Piala AFF 2020 diajukan untuk digelar pada pertengahan April 2021.

Baca Juga:

Resmi Ditunda, Piala AFF 2020 Direncanakan Digelar Pertengahan April 2021

Pernyataan AFF soal Penundaan Piala AFF 2020 ke 2021

"Walau benar-benar mengecewakan, karena Piala AFF merupakan kebanggaan di Asia Tenggara dan merupakan turnamen yang sangat dihormati di mana semua peserta berlomba secara maksimal. Kami juga harus mengamini, bahwa Piala AFF tidak seperti turnamen lain," katanya dikutip dari Inquirer.

"Ada banyak perjalanan yang dilalui (tim) di babak grup, semifinal, dan final, jadi banyak yang harus dipertimbangkan AFF, jadi saya benar-benar memahami keputusan tersebut," jelasnya.

Bagi pelatih asal Inggris, yang pernah menangani Mitra Kukar tersebut, penundaan memberi tambahan waktu untuk membentuk skuat yang tangguh.

Belakangan Timnas Filipina ingin mendatangkan sejumlah pemain keturunan untuk menggantikan era Younghusband bersaudara yang segera berakhir. Itu selain menaturalisasi beberapa pemain.

"Dari perspektif Filipina, kami punya peluang untuk memperbaiki seperti yang sudah kami lakukan dan lebih siap untuk tahun depan. Kami menerima penundaan ini dengan berpikir positif mengingat kami bisa melanjutkan rencana, terus membangun, dan melihat apa yang bisa kami lakukan dengan para pemain yang akan terlibat ke depan," tambah Scott Cooper.