BolaSkor.com - Piala AFF 2020 resmi diundur. Ini berdasarkan hasil rapat Komite Darurat AFF yang digelar Senin (27/7) kemarin.

Piala AFF 2020 sejatinya digelar pada 23 November hingga 31 Desember 2020. Awalnya, turnamen dua tahunan ini masih mengadopsi format baru tahun 2018, yakni setiap tim di grup memainkan dua laga tandang dan kandang.

Namun karena pandemi Virus Corona (COVID-19), AFF mengubah format dengan menunjuk Vietnam sebagai tuan rumah. Ini merupakan format lama yang biasa dilakukan dalam penyelenggaraan Piala Tiger hingga berubah nama menjadi Piala AFF.

Kini karena pandemi Virus Corona, Piala AFF 2020 diundur ke tahun 2021. Rencananya, Piala AFF akan digelar pada bulan Februari atau Maret.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, mengatakan AFF menawarkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala AFF nanti. Namun, PSSI menolaknya karena fokus menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 pada Mei 2021 mendatang.

Baca Juga:

Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G yang Libatkan Timnas Indonesia Masih Berpotensi Berubah

Tak Hanya Timnas Indonesia U-19, Ketum PSSI Ingin Shin Tae-yong Bawa Tim Senior TC di Korea Selatan

"Kemarin (AFF) menanyakan ke Indonesia (Piala AFF) pindah ke Februari atau Maret (2021). Tapi kami sedang persiapan Piala Dunia (U-20 2021) dan dekat dengan Idul Fitri juga (12/13 Mei 2021)," kata Yunus Nusi kepada wartawan, Rabu (29/7).

"Sehingga kemarin tanggal baru Piala AFF belum diputuskan kapan, masih akan meeting kapan kira-kira kapan waktu yang pas. Karena ketika ditawarkan ke Indonesia, dari PSSI bahwa pertama opsi Februari-Maret sudah mau puasa (12-13 April)."

"Yang kedua kami juga sedang fokus persiapan Piala Dunia. Iya batal, tapi kapannya belum. Nanti dipastikan tanggal 30 (Juli) meeting lagi," tambahnya.

Di sisi lain, Yunus Nusi mengatakan AFF akan menentukan kapan penyelenggaraan Piala AFF 2020 pada rapat selanjutnya, Kamis (30/7).

"Belum tak memberikan opsi, semua tergantung mereka. Apakah sebelum atau setelah Piala Dunia, terserah mereka," tutur pria yang juga Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Kalimantan Timur itu.

"Karena mereka masih bicara dengan negara lain. Tunggu saja tanggal 30. Staf saya yang akan ikut rapat nanti karena saya mau pulang kampung, lebaran (Idul Adha)," ucapnya.Piala AFF 2020 Diundur, Indonesia Tolak Jadi Tuan Rumah Pengganti