Piala AFF 2020: Pemutihan Kartu Kuning Berlaku di Semifinal, Tidak untuk Final

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 22 Desember 2021
Piala AFF 2020: Pemutihan Kartu Kuning Berlaku di Semifinal, Tidak untuk Final
Trofi Piala AFF. (AFF)

BolaSkor.com - Genderang tabuh semifinal Piala AFF 2020 akhirnya dimulai. Timnas Indonesia menantang Singapura, sedangkan Thailand melawan Vietnam.

Timnas Indonesia lebih dahulu bertindak sebagai tim tamu saat melawan Singapura, pada laga semifinal leg pertama Piala AFF 2020 di National Stadium, Rabu (22/12) malam WIB.

Setelah itu, Skuat Garuda bertindak sebagai tuan rumah melawan Singapura, pada laga semifinal leg kedua Piala AFF 2020 di National Stadium, Sabtu (25/12) malam WIB.

Baca Juga:

Asnawi Ungkap Pesan Shin Tae-yong Jelang Laga Lawan Singapura

Pesan Menyentuh Sang Ibu untuk Pratama Arhan yang Berjuang di Piala AFF 2020

Sedangkan, Vietnam menjadi tuan rumah lebih dahulu melawan Thailand, pada semifinal pertama Piala AFF 2020 di National Stadium, Kamis (23/12) malam WIB. Setelah itu, baru Thailand bertindak sebagai tuan rumah melawan Vietnam di tempat yang sama, tiga hari kemudian.

Dalam regulasi Piala AFF 2020 Butir 90.2.3, dalam pembahasan Cautions and Expulsions atau Perhatian dan Pengusiran, pemutihan kartu kuning berlaku di laga semifinal. Bagi pemain yang mendapat satu kartu kuning di fase penyisihan grup.

Jika pemain mendapat akumulasi kartu kuning di pertandingan terakhir, harus absen di semifinal leg pertama. Ini sama seperti kasus pemain sayap Timnas Indonesia, Ramai Rumakiek yang mendapat kartu kuning saat melawan Kamboja (4-2) dan Malaysia (4-1). Ia absen bela Skuat Garuda melawan Singapura di semifinal pertama.

Namun, pemutihan tidak berlaku lagi di laga final. Jika pemain mendapat dua kartu kuning dalam dua laga semifinal, tidak bisa bermain di final leg pertama.

Adapun peraturan lebih lengkap tertulis dalam regulasi Piala AFF 2020 Section 13 soal Kedisiplinan, sebagai berikut:

1. Pemain yang mendapatkan dua kali peringatan (kartu kuning) di setiap fase turnamen akan mendapatkan hukuman berupa satu kali larangan bertanding pada pertandingan berikutnya.

2. Jika seorang pemain menerima kartu kuning keduanya (akumulasi) pada pertandingan terakhir fase grup, hukuman larangan bertanding satu kali akan berlaku pada laga berikutnya (semifinal).

3. Pemain yang menyelesaikan fase grup dengan menerima satu kartu kuning secara kumulatif, kartu kuning itu tidak berlaku di semifinal (diputihkan).

4. Pemain atau ofisial tim yang dikeluarkan selama turnamen secara otomatis akan diskors pada pertandingan selanjutnya.

Timnas Indonesia Singapura Timnas Singapura Piala aff Piala AFF 2020 Breaking News Thailand Timnas Thailand Vietnam Timnas vietnam
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan