Piala AFF 2020: Setiap Klub Liga 1 Hanya Sumbang Dua Pemain ke Timnas Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 09 November 2021
Piala AFF 2020: Setiap Klub Liga 1 Hanya Sumbang Dua Pemain ke Timnas Indonesia
Timnas Indonesia. (PSSI)

BolaSkor.com - Seluruh klub Liga 1 2021/2022 sepakat kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia tetap berjalan saat Piala AFF 2020. Pasalnya, Piala AFF 2020 tidak masuk kalender FIFA, meski terdaftar dan masuk ke dalam poin ranking FIFA.

Meski begitu, setiap klub Liga 1 2021/2022 hanya mengirim dua pemain ke Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong hanya boleh mengambil dua pemain di satu klub yang sama.

Kesepakatan ini terjalin saat manager meeting PT Liga Indonesia Baru (LIB) bersama 18 klub Liga 1 2021/2022 dan PSSI, Jumat (5/11).

"Liga 1 jalan terus bersamaan dengan Piala AFF. Ketika manager meeting dibahas apakah Liga 1 mau dihentikan atau tidak. Ternyata, klub sepakat Liga 1 tetap berjalan dengan catatan jumlah pemain dari setiap tim yang bisa ditarik ke tim nasional maksimal dua orang," ujar Direktur Utama (Dirut) PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, dikutip dari Antara.

Baca Juga:

Latihan Hari Pertama, Pemain Timnas Indonesia Hanya Pemulihan Kondisi

PSSI Persilakan Mees Hilgers Mendaftar jika Ingin Bela Timnas Indonesia

Akan tetapi, Shin Tae-yong boleh mengambil lebih dari dua pemain dari satu klub Liga 1 2021/2022, saat FIFA Matchday. Ini bisa terjadi saat Timnas Indonesia beruji coba melawan Afghanistan di Turki pada 16 November mendatang.

"Kalau kegiatan liga lagi kosong bisa tiga pemain (dari setiap tim) yang ke Timnas," kata Akhmad Hadian Lukita.

Piala AFF 2020 akan berlangsung terpusat di Singapura pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Laos, dan Kamboja.

Timnas Indonesia akan melakukan pemusatan latihan (TC) di Turki pada 10 November mendatang. Selain melawan Afghanistan, Timnas Indonesia juga beruji coba melawan Myanmar (25 November).

Laga ini akan didaftarkan sebagai FIFA A Match. Artinya mendapat perolehan poin untuk memengaruhi ranking FIFA.

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia saat Piala AFF 2016. (Fox Sports)

Mengulang Piala AFF 2016

Timnas Indonesia pernah mengalami hal serupa saat Piala AFF 2016. Saat itu, pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl hanya diperbolehkan mengambil dua pemain dari satu klub yang sama untuk Piala AFF 2016.

Riedl memprotes kebijakan ini, meski pada akhirnya menerimanya. Padahal, saat itu kompetisi resmi sedang tidak bejalan, usai pembekuan FIFA kepada sepak bola Indonesia. Hanya kompetisi buatan Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 yang berjalan.

Meski begitu, Timnas Indonesia memukau dengan melaju ke final, bahkan berhasil menyingkirkan Vietnam di semifinal. Sayang, Skuat Garuda harus pupus menjadi juara karena dikalahkan Thailand.

PT LIB PT Liga Indonesia Baru Liga 1 Pssi Timnas Indonesia Piala aff Piala AFF 2020 Akhmad Hadian Lukita Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.857

Bagikan