BolaSkor.com - Timnas Indonesia mengawali kiprahnya di Piala AFF 2020 dengan hasil positif. Timnas Indonesia menang dengan skor 4-2 atas Kamboja di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12) malam WIB.

Timnas Indonesia membuka keunggulan saat laga baru berjalan empat menit. Berawal dari sepak pojok Evan Dimas, bola disambut oleh Rachmat Irianto dengan kepalanya. Skor 1-0 untuk Timnas Indonesia.

Skuat Garuda berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit 17. Kali ini gilran Evan Dimas Darmono yang mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangan terukur dari dalam kotak penalti.

Skor kembali berubah menjadi 3-0 pada menit 33 setelah Rachmat Irianto kembali membobol gawang Kamboja. Pemain Persebaya Surabaya tersebut memanfaatkan umpan sepak pojok yang dilepaskan oleh Pratama Arhan.

Unggul tiga gol, Timnas Indonesia sedikit lengah. Kamboja memperkecil ketertinggalan menjadi 3-1 melalui Yue Safy pada menit ke-37.

Baca Juga:

Piala AFF 2020: Gilas Laos 4-0, Timnas Malaysia Raih Kemenangan Kedua

8 Fakta Menarik Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Di babak kedua, manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, melakukan perubahan dengan memasukkan Victor Igbonefo dan Ramai Rumakiek untuk menggantikan Ryuji Utomo serta Ramai Rumakiek.

Keputusan itu sangat tepat karena Rumakiek mampu menambah keunggulan Timnas Indonesia menjadi 4-1 pada menit 54. Tendangan keras penggawa Persipura Jayapura tersebut gagal dijangkau kiper Kamboja, Hul Kimhuy.

Namun, Kamboja mampu mendapatkan gol kedua pada menit 60 lewat tendangan bebas Prak Mony Udom. Skor berubah menjadi 4-2.

Di sisa laga, Kamboja terus berupaya untuk mendapatkan gol tambahan, sementara Indonesia juga tidak mengendurkan serangannya. Namun, tidak ada lagi gol tercipta untuk kedua tim.

Dengan hasil ini Timnas Indonesia menempati peringkat 2 klasemen sementara Grup B. Tim Merah-Putih tertinggal 3 poin dari Malaysia di posisi pertama, dan unggul selisih gol dari Vietnam di tempat ketiga.

Timnas Indonesia Vs Kamboja
Timnas Indonesia Vs Kamboja. (BolaSkor.com/Aji Wandi)

Susunan Pemain:

Indonesia: Syahrul Trisna; Asnawi Mangkualam Bahar, Ryuji Utomo (Victor Igbonefo,46), Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan (Edo Febriansah,41'); Evan Dimas (Syahrian Abimanyu,71'), Rachmat Irianto; Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Irfan Samaling Kumi (Ramai Rumakiek,46); Ezra Walian (KH Yudo,84')

Kamboja: Hul Kimhuy; Sath Rosib, Saret Krya, Tes Sambath, Yue Safy, Choun Chanchav; Min Ratanak, Lim Pisoth, Nhean Sosidan; Keo Sokpheng, Sieng Chanthea