Piala AFF U-16: Statistik Timnas U-16 Unggul dari Malaysia U-16

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 08 Agustus 2018
Piala AFF U-16: Statistik Timnas U-16 Unggul dari Malaysia U-16
Timnas Indonesia U-16. (PSSI)

BolaSkor.com – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 akan bertemu dengan Malaysia U-16 pada semifinal Piala AFF U-16 2018. Secara statistik, tim asuhan Fakhri Husaini ini jauh lebih unggul daripada Harimau Muda.

Timnas Indonesia U-16 adalah tim terkuat dari Grup A. Mereka menyapu bersih semua poin di babak grup. Skuat Garuda Asia menjadi pemuncak klasemen dengan nilai sempurna 15 poin hasil lima kemenangan beruntun.

David Maulana dan kawan-kawan telah mencetak 21 gol dari lima pertandingan. Artinya, Timnas U-16 mencetak rata-rata empat gol di setiap pertandingan. Lini belakang mereka juga sangat tangguh. Indonesia baru kebobolan tiga gol saja.

Timnas U-16 juga memiliki striker yang haus gol, yakni Amiruddin Bagus Kahfi. Bagus, demikian ia akrab disapa, menjadi top skorer sementara di turnamen ini dengan torehan sebelas gol. Ia masih bisa menambah pundi golnya pada dua gim ke depan.

Striker kelahiran Magelang tersebut sekaligus mematahkan rekor yang ditorehkan dua penyerang asal Australia, yakni John Roberts dan Mark Moric. Roberts dan Moric adalah pemain asal Australia yang menjadi top skorer Piala AFF U-16 2015 dengan delapan gol.

Setahun berikutnya Roberts kembali menjadi top skorer di Piala AFF U-16 2016 dengan jumlah yang sama, yakni delapan gol. Saat ini Roberts bergabung dengan Western Sydney. Sementara Moric adalah penggawa Newcastle Jets.

Timnas Indonesia U-16. (PSSI)

Bagaimana dengan Malaysia U-16? Tim asuhan Raja Azlan Shah Raja So'ib ini merupakan runner-up Grup B. Malaysia U-16 hanya sekali kalah pada babak grup. Kekalahan itu terjadi ketika mereka bertemu Thailand U-16 dengan skor tipis 1-2.

Bersama Thailand U-16, Malaysia U-16 sama-sama mencetak 12 gol sepanjang babak grup. Gawang mereka juga baru kebobolan tiga kali. Jika melihat kontribusi gol, tampak bahwa kekuatan tim ini cenderung merata.

Setidaknya ada tiga pemain yang sudah mengoleksi masing-masing dua gol. Ketiga pemain itu adalah Harith Naem Janieh, Asman Asrul Sukarnain, dan Fahmi Daniel Mohd Zaaim.

Keunggulan statistik tak menjamin langkah Indonesia di semifinal. Apalagi mereka dibayang-bayangi kegagalan Timnas U-19 pada Piala AFF U-19 2018, dua pekan yang lalu. Namun pelatih Fakhri Husaini menegaskan bahwa mereka tim yang berbeda.

Timnas U-16 akan berusaha mencatat sejarah baru, sekaligus membalas luka yang dialami oleh seniornya tersebut. (Laporan Kontributor Keenan Wahab/Surabaya)

Timnas Indonesia U-16 Malaysia U-16 Piala AFF U-16 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan