BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-16 menjadi juara Piala AFF U-16 2018. Kepastian ini setelah mengalahkan Thailand lewat babak penalti setelah ditahan 1-1 dalam final di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/8) malam.

Hasil ini diperoleh setelah menekan sejak awal. Percobaan dilakukan M. Supriadi pada menit keempat, namun bola sepakannya melaju pelan sehingga mudah diamankan.

Timnas Indonesia U-16 tambah gencar untuk mencari gol. Sementara Thailand sesekali membalas dan berusaha masuk pertahanan Indonesia.

Pada menit ke-14, Bagus Kahfi yang menerima bola umpan Andre Oktaviansyah memutar badan sebelum melepaskan tendangan. Gol tak terjadi karena bola kena tiang dan keluar.

Sementara pada menit ke-27, Supriadi gagal memaksimalkan umpan terobosan. Bola lebih dulu diamankan kiper Thailand, Anuchid Taweesri.

Timnas Indonesia U-16 baru mencetak gol pada menit ke-33 lewat pemain pengganti Fajar Fathur. Gol berawal dari umpan jauh Andre Oktaviansyah, bola ke dalam kotak langsung diangkat Fajar sebelum dihalau Anuchid Taweesri.

Dua menit berselang, Timnas Indonesia U-16 dibuat bersusah payah. Beruntung upaya Thailand bisa digagalkan. Sementara bola sepakan Thanarin Thumsen terbang di atas gawang Indonesia. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia menutup 40 menit pertama.

Timnas Indonesia U-16 mencari gol lain sejak babak kedua berjalan. Adapun Thailand berusaha mengejar ketertinggalan.

Bagus Kahfi melepaskan sepakan pada menit ke-65. Bola hasil tendangannya jauh dari sasaran.

Sedangkan bola tendangan pada menit ke-67 mudah diamankan. Pun hasil sepakan Supriadi semenit berselang. Sedangkan bola tembakan Hamsa Lestaluhu ditangkap pada menit ke-71.