BolaSkor.com - Ucapan selamat datang dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, menyusul kesuksesan Timnas Indonesia U-16 merengkuh gelar juara Piala AFF U-16 2018. Gelar didapat setelah mengalahkan Thailand dalam final di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/8) malam.

Timnas Indonesia U-16 menang melalui babak tendangan penalti, dengan skor 4-3. Itu setelah dipaksa bermain 1-1 dalam laga waktu normal.

Timnas Indonesia U-16 unggul lebih dulu melalui gol Fajar Fathur pada menit ke-33. Gol balasan baru dibuat Thailand pada menit ke-72 lewat kaki Apidet Janngam.

Tak ada gol yang mampu dibuat Indonesia untuk kembali unggul di sisa pertandingan. Sehingga hasil akhir ditentukan babak tendangan dari titik putih.

Empat penendang Timnas Indonesia U-16 sukses memasukkan bola, yakni Sutan Zico, Bagus Kahfi, Rendy Juliansyah, dan David Maulana. Sementara hanya tiga penendang Thailand yang memasukkan bola yaitu Thanarin Thumsen, Anucha Sodsri, Kittiphong Khetpara.

Dua penendang Thailand digagalkan oleh kiper Timnas Indonesia U-16 Ernando Ari Sutaryadi, yang sekaligus menjadi penentu menangnya dan gelar juara untuk Garuda.

Ini merupakan gelar juara pertama di turnamen AFF di level usia di bawah 16 tahun. Indonesia punya kesempatan menjadi juara di edisi 2013, namun digagalkan Malaysia di final.

"Garuda Muda tak terbendung di lapangan hijau. Malam ini Tim Sepak Bola Nasional Indonesia menjuarai Piala AFF U-16 2018 dengan mengalahkan Thailand dalam laga mendebarkan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo," tulis Jokowi di akun Instagram-nya.

"Selamat kepada para pemain dan pelatih. Gelar juara ini menjadi kado terindah bagi Indonesia menjelang peringatan Hari Kemerdekaan."

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi menyampaikan terima kasih. Ia meminta pihak di Timnas U-16 tetap berjuang karena selanjutnya menjalani Piala Asia U-16, yang menjadi jalan menuju Piala Dunia U-17.

"Terima kasih seluruh skuat Timnas AFF U-16, pelatih, asisten pelatih, fisioterapis, masseur, kitman, dan tentunya Suporter yang selalu setia atas perjuangan selama AFF U-16. Kalian telah berjuang untuk jadi juara hari ini," tulis Imam Nahrawi.

"Tetap berjuang, bekerja keras, masih ada Piala Asia dan Piala Dunia U-17. Terus berjuang agar selanjutnya kau bisa menjalani sisa hidupmu sebagai seorang juara," sambung Imam Nahrawi.