BolaSkor.com - Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur (Jatim) sumringah usai Piala AFF U-18 dan U-15 dipusatkan di Jatim. Apalagi sebelumnya situasi Jatim tidak kondusif pasca teror bom satu bulan silam. Hal tersebut tentunya menjadi sinyal positif terkait keamanan Jatim yang saat ini dipercaya untuk menggelar event sepak bola internasional.

"Ini luar biasa, habis ada insiden bom bulan lalu. Tapi kami dipercaya, ini berarti kami bisa menjaga keamanan pertandingan kami," tutur Ketua Asprov PSSI Jatim, Ahmad Riyadh.

Sebelumnya, event tersebut bakal digelar di Stadion Pakansari (Bogor) dan Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Namun Stadion Pakansari dipastikan batal menggelar laga-laga Piala AFF U-18 2018, lantaran harus steril H-100 jelang pelaksanaan Asian Games 2018.

Oleh karena itu, pelaksanaan Piala AFF tersebut dipusatkan venue pertandingannya ke Jatim, di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo dan Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik. Pada Piala AFF U-18 yang digelar 1-14 Juli mendatang, Stadion Gelora Delta Sidoarjo akan menjadi venue pertandingan Grup A yang dihuni Thailand, Indonesia, Vietnam, Singapura, Laos, dan Filipina.

Sementara Stadion Gelora Joko Samudro untuk menggelar pertandingan Grup B yang ditempati Malaysia, Myanmar, Timor Leste, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Namun demikian, tampaknya bakal terjadi perubahan mengenai ketentuan tersebut. Mengingat Gresik menginginkan beberapa laga Timnas U-19 digelar di Stadion Joko Samudro.

"Timnas semuanya di Sidoarjo, tapi kemarin ada permintaan dari Gresik agar diberi satu atau dua pertandingan timnas di sana. Ini bisa kami atur," tambah pria yang berprofesi sebagai advokat tersebut.

Sementara itu, nantinya pada Piala AFF U-15 yang digelar pada 29 Juli-11 Agustus 2018 Indonesia tergabung di Grup A bersama Vietnam, Myanmar, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina. Sementara Grup B yang dihuni Thailand, Malaysia, Laos, Brunei Darussalam, dan Singapura. (Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)