BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, bicara di balik kegagalan skuat asuhan dalam babak tendangan penalti. Kegagalan itu pula yang membuat skuat Garuda Muda akhirnya gagal menembus partai final.

Timnas Indonesia U-19 kalah 2-3 setelah bermain 1-1 hingga pertandingan dalam waktu normal berakhir. Dua gol di babak penalti dibuat Luthfi Kamal dan Todd Rivaldo Ferre, sementara tiga penendang yakni Witan Sulaiman, Firza Andika, dan Hanis Saghara gagal.

Menurut Indra Sjafri, pihaknya sudah menyiapkan betul tim untuk menghadapi babak penalti. Masuknya Luthfi Kamal menggantikan Saddil Ramdani merupakan bagian rencana menjalani penentuan dari titik putih.

"Ya, inilah sepak bola, diakhiri penalti. Penalti sudah kami siapkan, hampir setiap hari latihan tendangan penalti. Kami sengaja memasukkan Luthfi, karena di setiap latihan tendangannya selalu buat bola masuk."

"Yang saya khawatirkan itu Todd karena sebenarnya tidak meyakinkan saat latihan, tapi ia punya kepercayaan diri tinggi. Ini sudah kehendak, takdir kami harus tidak masuk final."

"Kami tidak mencoba-coba, tadi sudah bilang kami sudah berusaha dan memasukkan pemain untuk babak penalti. Kalau ada penalti, kami sudah tentukan siapa yang ambil. Sebelum pertandingan atau event dimulai, kami sudah melatih mereka," ujar Indra Sjafri.