BolaSkor.com - Timnas Malaysia U-19 memetik kemenangan atas Indonesia dalam partai semifinal Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (12/7). Kemenangan ditentukan melalui babak tendangan penalti.

Babak tersebut digulirkan setelah skor 1-1 menutup pertandingan dalam waktu normal. Malaysia tertinggal lebih dulu lewat gol cepat Egy Maulana Vikri pada menit kedua, sebelum dibalas pada menit ke-15 lewat Muhammad Syaiful.

"Laga ini bagus. Sulit untuk kedua tim bermain setelah menjalani lima pertandingan dalam sembilan hari. Anda bisa melihatnya, di mana pada babak kedua, permainan kurang berkualitas. Kami memulai dengan sangat gugup karena ada beberapa pemain yang belum pernah tampil di depan banyak suporter. Itu yang membuat kami memulai pertandingan dengan sangat buruk," katanya usai pertandingan.

Malaysia dijelaskan mengalami penurunan kondisi di babak kedua. Itu setelah di babak pertama melakukan tekanan tinggi. "Kami harus turun jauh ke dalam. Kami tidak memiliki ruang untuk menyerang dan terlalu jauh dari gawang Indonesia untuk mencetak gol."

"Pada akhirnya dalam situasi 50-50. Penalti itu keberuntungan. Para pemain Indonesia ada dalam tekanan yang lebih besar karena ekspektasi yang begitu besar," tambahnya.

Malaysia menang setelah tiga penendang Indonesia, yakni Witan Sulaiman, Firza Andika, dan Hanis Saghara gagal memasukkan bola. Sementara hanya satu pemain Malaysia yang tak berhasil memasukkan bola, yakni Muhammad Zafuan.

"Terkadang lebih sulit ketika menjadi tuan rumah. Tahun lalu kami tidak begitu bagus, sejujurnya kami lebih baik tahun ini di semifinal. Mengingat tahun lalu adalah pertama kali untuk para pemain dan mereka sama sekali tidak memiliki pengalaman."

"Hari ini kami lebih baik, terutama di babak pertama. Di babak kedua kami kelelahan karena bermain lima kali dalam sembilan hari," jelas Bojan Hodak.

Malaysia akan bertemu dengan Myanmar di final, Sabtu (14/7). Adapun Indonesia menghadapi Thailand di partai perebutan tempat ketiga.