BolaSkor.com - Salah besar jika Piala Afrika 2021 dipandang rendah tak sama dengan Piala Eropa atau Piala Dunia. Drama-drama itu tetap terjadi dan teranyar menimpa salah satu tim besar di Benua Afrika, Ghana.

Menghadapi Comoros di laga krusial pada pertandingan terakhir grup C Piala Afrika 2021, Rabu (19/01) dini hari WIB, Ghana secara mengejutkan kalah 2-3 dari negara yang berpenduduk kurang dari satu juta.

Tiga gol Comoros dicetak oleh El Fardou Mohamed Ben Nabouhane (4') dan dua gol Ahmed Mogni (62' 85'), sementara dua gol Ghana dilesakkan Richmond Boakye (64') dan Alexander Djiku (77'). Kartu merah Andre Ayew di menit 25 membuat situasi sulit bagi Ghana.

Ayew kala coba memenangi bola liar justru bertabrakan dengan kiper Comoros, Ben Boina, dan setelah melihat VAR wasit memutuskan memberi kartu merah untuk pemain Al-Sadd tersebut.

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Piala Afrika 2021: Kalah Mengejutkan, Ghana Angkat Koper

Piala Afrika 2021: Timnas Gabon Pulangkan Aubameyang

Hasil dan Klasemen Piala Afrika 2021: Nigeria Sempurna, Mesir Jaga Peluang

Selebrasi Comoros

Ghana dengan 63 persen penguasaan bola mereka, menunjukkan kualitas individu, melepaskan 21 tendangan (delapan tepat sasaran), tapi Comoros dengan gigih mempertahankannya.

Pada akhirnya cerita David vs Goliath terjadi di antara kedua tim. Comoros yang lebih terkenal dengan situasi politik ketimbang sepak bola memenangi laga pertama di Piala Afrika sejak 1982.

Comoros finish di urutan tiga klasemen tapi masih ada peluang bagi mereka lolos ke fase gugur sebagai peringkat tiga terbaik. Comoros besutan Amir Abdou memiliki banyak pemain-pemain yang bermain di liga bawah Prancis.

Itu berkebalikan dari Ghana asuhan Milovan Rajevac yang punya pemain-pemain yang berkarier di liga top Eropa seperti Thomas Partey (Arsenal), Jordan Ayew (Crystal Palace), Mohammed Kudus (Ajax Amsterdam).

Untuk kali pertama selama 16 tahun Ghana gagal lolos ke fase gugur dan finish di dasar klasemen. Ghana menempati posisi buncit klasemen grup C dengan satu poin di bawah Moroko (tujuh poin), Gabon (lima poin), dan Comoros (tiga poin).

Berikut tim-tim yang sudah lolos ke-16 besar Piala Afrika 2021:

1. Kamerun
2. Burkina Faso
3. Senegal
4. Guinea
5. Moroko
6. Gabon