BolaSkor.com - Pierre- Emerick Aubameyang dipastikan batal tampil pada ajang Piala Afrika 2021. Timnas Gabon telah memulangkan sang pemain jelang melakoni laga terakhir grup C.

Aubameyang merupakan kapten dan bintang utama Timnas Gabon di Piala Afrika 2021. Ia diharapkan membantu negaranya melaju jauh di turnamen ini.

Namun Aubameyang harus melewatkan dua laga perdana fase grup karena terinfeksi virus corona (COVID-19). Ia terinfeksi hanya beberapa sebelum laga pembuka dimulai dan harus menjalani isolasi mandiri.

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Piala Afrika 2021: Tuan Rumah Lolos ke Fase Gugur

Hasil dan Klasemen Piala Afrika 2021: Nigeria Sempurna, Mesir Jaga Peluang

COVID-19 Bikin Jantung Aubameyang Bermasalah

Jelang melakoni laga kedua, tes COVID-19 Aubameyang sudah negatif. Namun pemain berusia 32 tahun itu batal diturunkan karena hasil pemindaian menunjukkan ada yang salah dengan jantungnya.

Awalnya Federasi Sepak Bola Gabon menyebut tindakan itu sebagai langkah pencegahan. Aubameyang berpeluang turun pada laga ketiga kontra Maroko yang sangat krusial, Rabu (19/1) dini hari WIB.

Namun kini Aubameyang justru dipulangkan ke klubnya yaitu Arsenal. Hal sama berlaku untuk Mario Lemina yang juga terinfeksi COVID-19.

"Kami telah memutuskan untuk mengembalikan Pierre-Emerick Aubameyang dan Mario Lemina ke klub mereka agar dapat melakukan pemeriksaan yang lebih mendalam," bunyi pernyataan Federasi Sepak Bola Gabon.

Pemulangan Aubameyang dan Lemina tentu menimbulkan tanda tanya. Separah apakah masalah jantung yang dialami keduanya?

Pelatih Gabon, Patrice Neveu enggan berbicara lebih jauh terkait hal ini. Ia menilai fasilitas kesehatan di klub kedua pemain tersebut lebih baik ketimbang Afrika sehingga diharapkan dapat mencegah kemungkinan terburuk terjadi.

“kami tidak bisa menilai patologi Covid di sini (Kamerun). Ini adalah keputusan yang diambil atas pertimbangan kami sendiri," kata Neveu kepada Goal.

Pulangnya Aubameyang dan Lemina tentu menjadi kerugian besar bagi Gabon. Mereka butuh setidaknya hasil imbang kontra Maroko untuk melaju ke babak 16 besar.