BolaSkor.com - Turnamen besar dimulai pada Januari ini yakni Piala Afrika 2021. Tidak seperti turnamen lainnya, Piala Afrika diwarnai drama sebelum dimulai dengan adanya isu penundaan untuk kali ketiga hingga pandangan publik dengan turnamen.

Mewabahnya varian baru virus corona, Omicron sempat dikhawatirkan menunda turnamen dan itu dibantah dengan tegas. Selain itu klub-klub di Eropa terkesan enggan melepas pemain mereka ke Piala Afrika 2021.

Setelah Ian Wright dan Patrick Vieira menuturkan opini mereka agar Piala Afrika lebih dihargai lagi, kini giliran kapten timnas Nigeria William Troost-Ekong yang angka bicara. Troost-Ekong salah satu pemain Premier League yang tampil di Piala Afrika.

Bek berusia 28 tahun membela Watford dan memiliki 51 caps serta dua gol dengan timnas Nigeria. Troost-Ekong juga menilai adanya perbedaan mencolok dengan cara publik melihat Piala Eropa dan Piala Afrika.

Baca Juga:

Tim Premier League Paling Menderita karena Piala Afrika

Kesialan Aubameyang Berlanjut ke Piala Afrika

7 Bintang yang Dapat Bersinar di Piala Afrika 2021

William Troost-Ekong

“Jika itu Piala Eropa atau turnamen lainnya, saya tidak berpikir akan ada percakapan seperti ini,” kata Troost-Ekong kepada Football Focus. "Itu akan konyol."

"Saya dapat memahaminya sampai batas tertentu karena kami akan pergi selama tengah musim, yang mungkin berbeda dengan turnamen besar lainnya yang sedang berlangsung. Tetapi orang-orang sudah tahu bahwa itu akan terjadi pada bulan Januari, untuk waktu yang lama."

"Sayangnya, saya pikir cukup banyak yang telah diambil dari turnamen dan kegembiraan yang seharusnya ada karena pertanyaan-pertanyaan itu."

Troost-Ekong yang juga pernah membela Udinese hanya bisa berharap Piala Afrika diperlakukan berbeda, dengan respek yang sama seperti halnya Piala Eropa atau Copa America.

“Terkadang ada kesalahpahaman tentang turnamen ini,” imbuh Troost-Ekong.

"Ini pada level yang sama dengan Piala Dunia atau Piala Eropa atau Copa America. Banyak pemain menarik di Premier League adalah orang Afrika. Untuk melihat mereka semua bersama-sama membela negara mereka akan menjadi turnamen yang menarik, apapun yang dikatakan orang."

Nigeria akan mengawali fase grup Piala Afrika melawan Mesir, Selasa (11/01) pukul 23.00 WIB di Roumde Adjia Stadium. Mesir memiliki salah satu pemain terbaik Premier League saat ini, Mohamed Salah.