Piala Asia 2019: Arab Saudi Menang Telak, Vietnam Lengkapi Nestapa Negara-negara ASEAN

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 09 Januari 2019
Piala Asia 2019: Arab Saudi Menang Telak, Vietnam Lengkapi Nestapa Negara-negara ASEAN
Vietnam vs Irak (Foto: @afcasiancup)

BolaSkor.com - Laga pertama penyisihan grup-grup Piala Asia 2019 tinggal menyisakan tiga pertandingan lagi, yang akan berlangsung mulai malam ini antara Jepang kontra Turkmenistan, Uzbekistan melawan Oman, dan Qatar menghadapi Lebanon.

Sejauh ini, perjalanan negara-negara ASEAN (Asia Tenggara) di Piala Asia 2019 tidak berjalan mulus. Thailand dilibas India dengan skor 1-4, Filipina kalah tipis 0-1 melawan salah satu favorit juara, Korea Selatan (Korsel).

Teranyar, Vietnam yang kalah 2-3 melawan Irak di drama lima gol yang berlangsung Stadion ZSC, Selasa (8/1) malam WIB. Vietnam sempat unggul 2-1 via gol bunuh diri Ali Faez Atia (24') dan Nguyen Cong Phuong (42) yang diperkecil gol Muhanad Ali di menit 35.

Momen kebangkitan Irak terjadi di menit 60 ketika gol penyama kedudukan dicetak oleh Humam Tariq. Comeback Irak pun semakin sempurna ketika Ali Adnan mencetak gol dramatis penentu kemenangan timnya di menit 90.

Baca Juga:

Piala Asia 2019: Juara Bertahan Tumbang, India Libas Thailand

Piala Asia 2019 Baru Satu Laga, Thailand Pecat Pelatih

Piala Asia 2019: Bek Timnas Filipina Bangga Hanya Kalah Tipis dari Korea Selatan

Timnas Vietnam

Vietnam pada akhirnya mengikuti jejak Thailand dan Filipina yang menelan kekalahan di laga pertama grup. Kekalahan itu memperlihatkan di mana level sepak bola ASEAN di antara negara-negara Asia lainnya. Sekedar informasi, Vietnam merupakan juara baru Piala AFF 2018.

Catatan terbaik yang pernah ditorehkan tim ASEAN terjadi pada 1968 saat Myanmar menjadi runner-up atau finalis. Menarik untuk dinanti, apakan Vietnam, Thailand, dan Filipina bisa bangkit di laga kedua grup dan menjaga asa lolos grup.

Vietnam sekarang ada di peringkat tiga grup D Piala Asia 2019, di bawan Iran dan Irak yang sama-sama meraih kemenangan. Iran sebelumnya menang 5-0 kontra Yemen.

Timnas Arab Saudi

Sementara itu di laga lainnya dari grup E, Arab Saudi memperlihatkan kualitas tim yang sudah pernah tiga kali jadi juara Piala Asia, dengan mengalahkan Korea Utara melalui skor telak 4-0 di Stadion Rashid, Dubai.

Empat gol Arab dicetak Hattan Bahebri (28'), Mohammed Al-Fatif (37'), Salem Al-Dawsari (70'), dan Fahad Al-Muwallad (87'). Kontestan Piala Dunia 2018 itu menempati urutan satu grup E dengan raihan tiga poin.

Berikut tiga laga yang tersisa di pertandingan pertama grup:

Jepang vs Turkmenistan (9/1 pukul 18.00 WIB)
Uzbekistan vs Oman (9/1 pukul 20.30 WIB)
Qatar vs Lebanon (9/1 pukul 23.00 WIB)

Breaking News Piala Asia 2019 Piala Asia Vietnam Thailand Filipina Arab saudi
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.107

Bagikan