BolaSkor.com - Januari 2019 diawali dengan event sepak bola besar di Asia: Piala Asia 2019. Dihelat selama empat tahun sekali seperti halnya Piala Dunia, Piala Eropa, Piala Asia tahun ini menjadi edisi ke-17 setelah edisi pertama berlangsung di tahun 1956.

Korea Selatan (Korsel) menjadi juara di turnamen Piala Asia pertama yang berlangsung di Hong Kong. Kali ini, Australia berstatus juara bertahan yang akan coba mempertahankannya melawan 23 tim lainnya.

Sangat disayangkan Timnas Indonesia tidak berpatisipasi di dalamnya. Indonesia didiskualifikasi pada fase kualifikasi karena sanksi FIFA yang jatuh pada Mei 2015. Padahal kala itu, Indonesia berada di grup F bersama Thailand, Irak, Vietnam, dan Taiwan.

Baca Juga:

Gagal Masuk Skuat Timnas Irak untuk Piala Asia 2019, Gelandang Bali United Pensiun

Bermain di Piala Asia 2019, Son Pamitan dengan Tottenham Hotspur

Penonton Asing Piala Asia 2019 Bakal Dapat Cendera Mata Spesial

Timnas Australia juara bertahan Piala Asia

Alhasil, perwakilan Asia Tenggara di Piala Asia kini hanya ada Thailand, Filipina, dan juara Piala AFF 2018, Vietnam. Kendati demikian, meski tidak ada Indonesia di dalamnya, Piala Asia 2019 tetaplah seru dan berpotensi menyajikan drama.

Menjelang pertandingan pertama antara tuan rumah, Uni Emirat Arab (UEA) kontra Bahrain di Stadion ZSC, Sabtu (5/1) pukul 23.00 WIB, kami menyediakan sejumlah informasi dan fakta-fakta menarik tentang Piala Asia 2019. Berikut penjabarannya:

(berlanjut di halaman berikutnya)