Piala Asia U-16 dan U-19 Resmi Ditunda, PSSI Secepatnya Ubah Program Timnas Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 10 September 2020
Piala Asia U-16 dan U-19 Resmi Ditunda, PSSI Secepatnya Ubah Program Timnas Indonesia
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan. (PSSI)

BolaSkor.com - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi menunda Piala Asia U-19 dan U-16 yang akan bergulir pada Oktober dan November 2020 menjadi awal tahun 2021.

Penundaan diumumkan AFC setelah menggelar rapat virtual Komite Eksekutif pada Kamis (10/9). Penundaan ini tak terlepas dari kondisi pandemi Virus Corona (COVID-19) yang belum stabil di Asia.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, menghargai dan menghormati keputusan yang telah dibuat oleh AFC. Apalagi saat ini pandemi Virus Corona masih belum berakhir di hampir seluruh negara.

“PSSI mendukung keputusan AFC terkait penundaan Piala Asia U-19 dan U-16 tahun ini. Dengan ini tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan. Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia (U-16 dan U-19),” kata Iriawan, dikutip dari laman PSSI.

Baca Juga:

AFC Resmi Tunda Piala Asia U-16 dan U-19, Piala AFC 2020 Dibatalkan

Lawan Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia Juga Jalani Uji Coba Internasional, Hasilnya Menang dan Kalah

Selain Piala Asia U-16 dan U-19, AFC juga memberhentikan Piala AFC 2020 dengan status force majeure. Belum lagi ada Piala Asia Futsal, Piala Piala Asia Futsal Antarklub, hingga Liga Champions Asia yang juga mengalami perubahan jadwal.

“Komite Eksekutif AFC menyadari bahwa pandemi telah mempengaruhi kemampuan AFC untuk menyelenggarakan kompetisi. Dengan pemikiran ini dan dengan mempertimbangkan kebutuhan untuk memprioritaskan kesejahteraan para pemain muda, serta tantangan perjalanan dan kesehatan, Kejuaraan AFC U-16 dan AFC U-19, yang dijadwalkan untuk Bahrain dan Uzbekistan, telah ditunda hingga awal tahun 2021,” tulis AFC dalam rilisnya.

“Ini adalah masa-masa sulit bagi semua orang yang berhubungan dengan sepak bola dan olahraga secara umum. Kami mengambil langkah-langkah untuk memastikan kesejahteraan finansial AFC dan anggota kami," kata Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa.

“Saya yakin bahwa dengan persatuan dan solidaritas yang membuat AFC dikagumi di seluruh sepak bola, kami dapat mengatasi tantangan terbaru ini,” sambungnya.

Saat ini, Timnas Indonesia U-19/U-20 sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Dengan penundaan Piala Asia U-19 2020, otomatis Skuat Garuda Muda melanjutkan TC ke Turki, Portugal, atau Spanyol.

Sedangkan, Timnas Indonesia U-16 yang selama ini sudah menjalani dua kali TC saat pandemi Virus Corona, akan mengalami perubahan program selanjutnya. Jadwal TC Timnas Indonesia U-16 selanjutnya akan berubah.

Pssi Afc Timnas Indonesia U-16 Timnas Indonesia U-19 Timnas indonesia u-20 Mochamad Iriawan Piala asia 2015 Piala Asia U-19 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan