BolaSkor.com - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah resmi merilis jadwal baru untuk seluruh kompetisi yang ada di Asia. Salah satunya AFC menunda gelaran Piala Asia U-16 yang akan berlangsung di Bahrain.

Sejatinya, Piala Asia U-16 ini akan berlansung pada 25 November hingga 12 Desember 2020. Namun AFC tidak mau ambil resiko lantaran penyebaran COVID-19 yang masih ada di beberapa negara kontestan, termasuk salah satunya adalah Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, angkat bicara terkait dengan masalah penundaan ini. Mantan kapten Timnas Indonesia era 1990-an tersebut mengaku tim pelatih hanya mengambil sisi positif dari penundaan Piala Asia U-16 ini.

Baca Juga:

Piala Asia U-16 dan U-19 Resmi Ditunda, PSSI Secepatnya Ubah Program Timnas Indonesia

Bima Sakti Soroti Penyelesaian Akhir Timnas Indonesia U-16 Usai Menang atas Timnas Pelajar

"Ini sudah dua kali ditunda, kami hanya bisa mengambil hikmah dari penundaan tersebut. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk Timnas Indonesia U-16 sampai jadwal baru muncul," kata Bima Sakti ketika dihubungi oleh BolaSkor.com, Senin (14/9).

"Salah satu hikmah yang bisa kami ambil adalah kami jadi bisa mempersiapkan tim ini lebih lama dan bisa memaksimalkan setiap pemusatan latihan yang ada," tambah pria yang pernah meraih gelar juara Liga Indonesia bersama PSM Makassar.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan juga menganggapi pengunduruan jadwal ini. Ia mengatakan PSSI menghargai dan menghormati keputusan yang telah dibuat oleh AFC. Apalagi saat ini pandemi COVID-19 masih belum berakhir di hampir seluruh negara.

“PSSI mendukung keputusan AFC terkait penundaan Piala AFC U-19 dan U-16 tahun ini. Dengan ini tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan. Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia,” kata Iriawan.