Piala Asia Wanita: China Juara, Filipina dan Vietnam ke Piala Dunia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 07 Februari 2022
Piala Asia Wanita: China Juara, Filipina dan Vietnam ke Piala Dunia
China juara Piala Asia Wanita. (AFC)

BolaSkor.com - China berhasil menjadi juara Piala Asia Wanita 2022. Kepastian ini didapat usai China menang dramatis 3-2 atas Korea Selatan di DY Patil Stadium, India, Minggu (6/2) malam WIB.

Dalam laga tersebut, China harus tertinggal dua gol lebih dahulu dari Korea Selatan melalui Choe Yu-ti (27') dan Ji So-yun (penalti 45'). Setelah itu, China bangkit di babak kedua melalui Lee Yong-ju (penalti 68'), Linyan Zhang (72'), dan Xiao Yuyi (92').

Hasil ini membuat China juara Piala Asia Wanita untuk kesembilan kalinya. Sekaligus paling banyak menjuarai turnamen paling akbar sepak bola wanita se-Asia tersebut. Terakhir kali China juara Piala Asia pada tahun 2006.

Sementara itu, China dan Korea Selatan sudah dipastikan melaju ke Piala Dunia Wanita 2023. Bersama dua semifinal lainnya, yakni Jepang dan Filipina.

Baca Juga:

Timnas Putri Indonesia Babak Belur di Piala Asia, PSSI Tetap Apresiasi

Piala Asia Wanita: Dibungkam Filipina, Timnas Putri Jadi Juru Kunci Grup B

Sedangkan satu tiket tersisa dimenangkan oleh Vietnam. The Golden Stars mampu memenangi babak play-off bersaing dengan Taiwan dan Thailand.

Vietnam mengoleksi enam poin hasil menang atas Thailand (2-0) dan Taiwan (2-1). Satu tempat wakil Asia lainnya adalah Australia karena ditunjuk sebagai tuan rumah oleh FIFA.

Di sisi lain, Timnas Putri Indonesia harus gugur di fase Grup B. Kalah bersaing dengan Australia, Filipina, dan Thailand.

Daftar Hasil Piala Asia Wanita 2022:

Juara: China
Runner-up: Korea Selatan

6 Tim Wakil Asia di Piala Dunia Wanita 2023:

1. Australia (Tuan Rumah)
2. China (Juara Piala Asia Wanita 202)
3. Korea Selatan (Runner-up Piala Asia Wanita 2022)
4. Jepang (Semifinal Piala Asia Wanita 2022)
5. Filipina (Semifinal Piala Asia Wanita 2022)
6. Vietnam (Pemenang play-off)

China Timnas China Korea selatan Timnas korea selatan Filipina Vietnam Timnas vietnam Piala Asia Wanita Piala Dunia Wanita Australia Timnas australia Timnas Putri Indonesia Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan