BolaSkor.com - Timnas Inggris lolos dari penyisihan Grup G Piala Dunia 2018 sebagai runner-up dengan catatan delapan gol dan kebobolan tiga gol. Belgia, Tunisia, dan Panama, merupakan tiga tim lainnya yang berada di grup itu.

Inggris meraih dua kemenangan beruntun melawan Tunisia (2-1) dan Panama (6-1), lalu kalah 0-1 kontra Belgia dalam laga penentuan posisi akhir di Grup G. Dalam tiga laga itu, sentuhan Gareth Southgate terlihat jelas.

Mengusung taktik 3-5-2, Inggris fleksibel bermain dengan mengandalkan penguasaan bola, serangan dari sisi sayap, atau serangan balik cepat pasca melakukan pressing tinggi kepada pemain lawan. Inggris bermain enerjik dengan banyaknya pemain muda yang disertakan Southgate ke dalam skuat tim.

Inggris akan melawan pemuncak klasemen Grup H, Kolombia, di 16 besar Piala Dunia yang berlangsung Rabu, 4 Juli 2018 pukul 01.00 dini hari WIB. Menjelang laga tersebut, Danny Welbeck, striker Inggris, sangat percaya diri Three Lions bisa mengalahkan tim manapun.

"Kami akan menganalisa Kolombia. Kami tahu kekuatan dan kelemahan yang kami coba eksploitasi. Dengan pemain di dalam skuat kami, kami bisa melukai lawan manapun," tegas Welbeck, seperti dilansir dari Goal, Senin (2/7).

Lebih lanjut, Welbeck juga meyakini permainan Inggris tidak monoton dengan hanya terpaku kepada satu pola serangan, melainkan banyak alternatif cara untuk mencetak gol. Enam dari delapan gol Inggris sejauh ini dicetak dari situasi bola mati.

"Dengan formasi yang kami mainkan, kami ingin menjaga penguasaan bola, tapi, kami juga ingin menciptakan peluang. Sudah banyak pembicaraan mengenai situasi bola mati dan mencetak gol darinya, tapi, dalam turnamen ini sudah banyak gol yang tercipta dari situasi bola mati," pungkas Welbeck.