BolaSkor.com - Untuk pertama kalinya, teknologi Video Assistant Referee (VAR) akan dignakan pada Piala Dunia 2018. Keputusan FIFA untuk memakai VAR sendiri mendapatkan beragam sambutan.

FIFA mengakui alat untuk membantu wasit itu belum seratus persen sempurna. Meski begitu, FIFA yakin alat banti ini siap digunakan.

VAR akan resmi digunakan di Piala Dunia 2018 di Rusia. Sebelumnya teknologi untuk memudahkan wasit dalam membuat keputusan itu diuji coba pada gelaran Piala Konfederasi 2017 lalu.

Selain itu, beberapa kompetisi, seperti Serie A dan Bundesliga sudah menggunakan VAR. Tekonologi ini diharapkan bisa membantu kinerja wasit di Piala Dunia 2018. Seperti diketahui, pada beberapa Piala Dunia sebelumnya tak sedikit keputusan wasit yang kotroversial.

Direktur Perwasitan FIFA, Massimo Busacca mengakui VAR bisa dikatakan belum sempurna. Namun Busacca yakin teknologi ini bisa membantu mengurangi kontroversi.

"Jika kami setuju sekarang di Piala Dunia, karena kami pikir sudah siap. Tapi jangan berpikir itu akan sempurna," kata Busacca.

"Kami mencari keseragaman dan konsistensi, tapi saya tidak berpikir teknologi itu bisa memecahkan masalah seratus persen."

Sedangkan Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina yakin VAR akan banyak membantu di Piala Dunia 2018. Mantan wasit asal Italia ini percaya VAR bisa membantu mengurangi tekanan wasit di Piala Dunia.

Menurut Collina, masalah psikologis bagi seorang wasit sangatlah penting. "Kepercayaan dirinya selama sisa pertandingan bisa sangat terpengaruh," ucap Collina.