Piala Dunia 2018: FIFA Tindak Tegas Pelaku Diskriminasi

Firman DetriakoFirman Detriako - Sabtu, 09 Juni 2018
Piala Dunia 2018: FIFA Tindak Tegas Pelaku Diskriminasi
Piala Dunia Rusia 2018 (Zimbio)

BolaSkor.com - Sudah sejatinya Rusia sebagai tuan rumah pergelaran Piala Dunia 2018 menyambut hangat para kontestan yang akan bertanding. Di samping itu, isu diskriminasi masih saja menghantui. Hal itu yang kini tengah FIFA dalami guna mengurangi tindakan diskriminasi terhadap para pemain yang akan bertanding.

Langkah awal yang FIFA lakukan dengan membentuk tim pengawas anti-diskriminasi yang khusus mengawasi setiap jalannya pertandingan. Dengan menggandeng Fare Network (sebuah organisasi memerangi diskriminasi dalam sepak bola), setiap pertandingan nantinya akan diawasi tiga pengamat anti-diskriminasi yang telah dilatih khusus
untuk memahami bahasa dan budaya dari masing-masing negara.

Mereka nantinya akan terhubung langsung dengan petugas keamanan yang ada di lapangan bila terjadi perlakuan diskriminatif oleh para penonton. Sementara itu, wasit juga dapat mengambil keputusan saat diskriminasi terjadi. Wasit dapat menghentikan permainan, memberikan peringatan, atau bahkan menginggalkan lapangan jika diskriminasi tersebut tidak dapat dihentikan.

Hal ini nantinya, mempermudah kinerja FIFA guna menghadirkan sepakbola yang aman dan nyaman serta menghadirkan keberagaman antar negara peserta.

"Tahun lalu di Piala Konfederasi FIFA suasananya sangat hangat dan bersahabat. Kami yakin, Piala Dunia akan menjadi pertemuan yang luar biasa dimana para pecinta sepak bola dari seluruh dunia hadir memeriahkannya," Ungkap Sekretaris Jenderal FIFA, Fatma Samoura, dikutip dari laman FIFA.

"Tak ada toleransi terhadap perilaku diskriminasi dan ini kami anggap serius. Kami memiliki sistem untuk menangani masalah ini dan juga sanksi terhadap perilaku diskriminasi. Kami ingin memastikan lingkungan di Piala Dunia bebas dari diskriminasi," kata Fatma.

"Kami memiliki sistem pemantau yang kuat. Selain itu, semua aspek mulai dari staf, relawan, tim, pengurus, hingga personel keamanan telah diberi pengarahan dan dilatih untuk memastikan jitak insiden tersebut terjadi, tindakan apa yang akan diambil dengan tepat dan cepat," sambung Head of Sustainability & Diversity FIFA, Federico Addiechi.

Hal ini tak lepas dari buku panduan FIFA yang baru tentang keanekaragaman dan anti-diskriminasi yang akan diterbitkan pada Minggu (10/6) ini. Nantinya, buku panduan tersebut akan dikirim ke semua anggota FIFA untuk mendukung sikap anti-diskriminasi pada pemain bola.

Serba-Serbi Piala Dunia 2018 Breaking News Piala Dunia 2018 Fifa
Ditulis Oleh

Firman Detriako

Reporter Sepak Bola Internasional
Posts

5

Bagikan