Piala Dunia 2018: Pelatih Spanyol Ingatkan Pemainnya Terkait VAR

Firman DetriakoFirman Detriako - Sabtu, 09 Juni 2018
Piala Dunia 2018: Pelatih Spanyol Ingatkan Pemainnya Terkait VAR
Julen Lopetegui (Zimbio)

BolaSkor.com - Pelatih Spanyol, Julen Lopetegui, memperingatkan pemainnya soal teknologi Video Assistant Referee (VAR) yang akan digunakan selama pergelaran Piala Dunia 2018 nanti. Mengingat, para pemainnya masih asing dengan VAR.

Di pertandingan pertama nanti, Spanyol akan menghadapi Portugal di babak penyisihan pertama Grup B. Laga itu pun jadi sorotan Lopetegui untuk melihat adaptasi pemainnya dengan teknologi VAR. Portugal telah lebih dulu menerapkan VAR di kompetisi domestik mereka sedangkan La Liga Spanyol baru akan menggunakannya musim 2018/2019.

Untuk itu, Lopetegui mulai menerapkan informasi mengenai VAR ke para pemainnya. Tak jarang, teknologi pembantu kinerja wasit tersebut menimbulkan kesan pro dan kontra dalam setiap kehadirannya. Ada saja pihak yang akan dirugikan nantinya dengan keputusan VAR tersebut.

"Portugal terbiasa dengan sistem baru tersebut sedangkan Spanyol tidak," kata Lopetegui dikutip ESPN.

"Ketika ada pemberhentian permainan yang tidak biasa kami lakukan, kami perlu memastikan sepenuhnya dan memanfaatkan momen tersebut untuk mengambil keuntungan. Sudah ada contoh dimana VAR dapat menguntungkan dan merugikan."

Dengan digunakannya VAR pada pergelaran Piala Dunia 2018 nanti, Lopetegui memanggil Presiden Asosiasi Wasit Spanyol, Carlos Velasco Carballo, guna menjelaskan bagaimana sistem VAR bekerja.

"Pembicaraan yang kami lakukan dengan Carballo telah banyak membantu kami untuk memahami sistem VAR. Tidak ada gunanya meributkan pro-kontra VAR. Kita harus menerima dan menyesuaikannya," ungkap Lopetegui.

Serba-Serbi Piala Dunia 2018 Breaking News Fifa Spanyol Piala Dunia 2018
Ditulis Oleh

Firman Detriako

Reporter Sepak Bola Internasional
Posts

5

Bagikan