Piala Dunia 2018: Pemain Ini Bisa Menjadi Kartu As bagi Jerman

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 21 Juni 2018
Piala Dunia 2018: Pemain Ini Bisa Menjadi Kartu As bagi Jerman
Marco Reus (Zimbio)

BolaSkor.com - Jerman tampil mengecewakan pada laga perdana mereka di Piala Dunia 2018. Die Mannschaft tak berkutik melawan permainan bertenaga Meksiko dan harus menelan kekalahan 0-1.

Nyaris sepanjang laga Jerman tampil seperti kehilangan gairah dan tenaga. Permainan pasukan Joachim Low terkesan monoton dan lamban, serta miskin kreativitas.

Banyak faktor yang membuat tampil di luar kebiasaan. Salah satunya adalah lemahnya lini pertahanan yang dihuni para pemain veteran. Duet Mats Hummels dan Jerome Boateng tampil mengkhawatirkan sepanjang pertandingan. Terlebih saat menghadapi serangan balik cepat barisan penyerang Meksiko.

Sementara Joshua Kimmich seperti harus belajar lagi untuk menjalankan perannya sebagai bek kanan. Maklum Kimmich sudah lebih sering menjalankan peran sebagai gelandang bertahan bersama Bayern Munchen. Sementara di sisi kiri Marvin Plattenhardt tak mampu menampilkan performa seperti saat tampil di kompetisi domestik.

Faktor lain yang membuat Jerman seperti kehilangan identitas adalah kegagalan mereka keluar dari tren buruk setelah kualifikasi Piala Dunia. Seperti diketahui, Jerman lolos ke Rusia setelah menjalani kualifikasi yang bisa dibilang sempurna. Mereka selalu menang dalam sepuluh laga dengan mencetak 43 gol dan hanya kebobolan empat.

Namun, setelah itu Jerman mulai kesulitan mendulang kemenangan dalam persiapan jelang dimulainya Piala Dunia. Tim Panzer hanya bisa menang 2-1 atas Arab Saudi dan tiga kali imbang melawan Inggris, Prancis, dan Spanyol. Bahkan mereka menelan kekalahan saat beruji coba kontra Brasil dan Austria.

Sepanjang laga melawan Meksiko, Jerman sebenarnya banyak memiliki peluang. Namun, tumpulnya lini depan sangat terasa pada skuat kali ini. Ya, faktor selanjutnya yang berimbas kekalahan dari Meksiko adalah belum adanya striker yang bisa berperan seperti Miroslav Klose.

Timo Werner belum mematikan seperti Klose, khususnya pada turnamen. Werner memang tampil luar biasa bersama RB Leipzig dan layak mendapatkan tempat di skuat Piala Dunia 2018. Namun sekali lagi, Werner masih butuh waktu untuk bisa seperti Klose.

Masih di lini serang, Thomas Muller terlihat masih berjuang dengan kepercayaan diri sedangkan Mario Gomez dan Julian Brandt belum mendapatkan menit main yang cukup.

Secara kesuluruhan, hasil yang diterima Jerman merupakan buah dari keengganan mereka memberi kepercayaan kepada talenta muda, yang sejatinya sudah mengantre menanti giliran. Jika diperhatikan pada starting XI kontra Meksiko, mayoritas Jerman memainkan pemain yang tampil di Piala Eropa 2016. Padahal Jerman memiliki banyak talenta yang sudah membuktikan diri saat tampil mengesankan ketika menjuarai Piala Konfederasi tahun lalu.

Masih Punya Kartu As

Piala Dunia 2018 Analisis Jerman
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan