BolaSkor.com - Peta persaingan di Grup D pada Piala Dunia 2018 terbilang menarik. Argentina diperkirakan tak akan mudah melenggang ke babak 16 besar.

Grup D dihuni tim-tim yang memiliki daya tarik yang beragam. Argentina, tentu saja fokus ada pada sang megabintang, Lionel Messi. Sedangkan Islandia, negara berpenduduk tak sampai 400 ribu orang itu menjanjikan kejutan seperti yang terjadi pada Piala Eropa dua tahun lalu.

Sedangkan Kroasia memiliki skuat yang diprediksi bakal bersinar di Rusia nanti. Dan, tentu saja Nigeria yang dipenuhi talenta berbahaya.

Empat tahun lalu, Argentina melesat sebelum dihentikan di partai final oleh Jerman. Kekecewaan yang memupuk ambisi Tim Tango pada gelaran kali ini. Namun, terselip pertanyaan tentang peluang Messi cs di Rusia. Hal ini tak lepas dari performa buruk dalam kualifikasi yang membuat Argentina nyaris tak meraih tiket.

Tampaknya, lagi-lagi Argentina harus mengandalkan Messi untuk bisa sukses di Rusia, seperti saat dia meloloskan timnya ke putaran final ini. Messi memang acap menjadi penyelamat Argentina dan dia memiliki kemampuan spesial untuk itu.

Namun, Messi tetaplah seorang manusia. Dia akan membutuhkan pemain pendukung yang stabil. Sejatinya Argentina memiliki pemain yang bisa berbagi kontribusi dengan Messi. Sebut saja Angel di Maria, Sergio Aguero, Gonzalo Higuain, dan Paulo Dybala.

Bagi tim-tim satu grup dengan Argentina, mereka sudah dipastikan memiliki satu pemikiran; hentikan Messi. Paling tidak itu teorinya.

Pada 20 tahun yang lalu, ketika untuk pertama kalinya sebagai negara merdeka Kroasia tampil Piala Dunia, mereka mampu menempati peringkat ketiga. Namun, sejak itu mereka bak tenggelam. Kroasia hanya mampu meraih dua kemenangan dalam sembilan laga terakhir di Piala Dunia. Dari tiga Piala Dunia terakhir, Kroasia selalu gagal lolos dari penyisihan grup.

Kini Kroasia memiliki skuat yang cukup mumpuni, khususnya di lini serang. Mereka memiliki Luka Modric, Ivan Rakitic, Ivan Perisic, Nikola Kalinic, dan Mario Mandzukic (Juventus). Barisan pemain ini rasanya cukup menjadi modal Kroasia untuk kembali merasakan fase gugur di Piala Dunia.

Kuda Hitam

Argentina acap kesulitan saat menghadapi tim yang punya determinasi tinggi, pantang menyerah. Dan itu ada dalam tubuh Islandia. Jangan pernah memandang Islandia, sebuah tim dari negara kecil yang dihuni pemain berstatus medioker.

Ajang Piala Eropa 2016 menjadi bukti tim dari negara kecil ini menjelma menjadi menakutkan. Pada Piala Eropa pertama mereka, Islandia tak terkalahkan di penyisihan grup dan mampu menjungkalkan Inggris di babak 16 besar.

Pada kualifikasi Piala Dunia 2018, Islandia finis di depan Kroasia, Ukraina, dan Turki. Dengan skuat dengan pemain yang memiliki postur tegap, permainan fisik menjadi andalan Islandia.

Bagaimana dengan Nigeria? Pada Piala Dunia keenam, Nigeria masih mencoba untuk mengulangi dan melebihi catatan pada 1990-an. Dalam sejarah keiikutsertaan di Piala Dunia, Nigeria melaju melewati babak 16 besar.

PREDIKSI

Meski harus bekerja keras, Argentina tetap akan bisa lolos sebagai juara grup. Laga seru akan terjadi saat Messi dan kawan-kawan menghadapi Islandia dan Kroasia. Namun bukan berarti mereka akan mudah melibas Nigeria. Sebagai pendamping Argentina, kemungkinan akan menjadi milik Kroasia. Skuat dengan pemain berpengalaman di liga besar Eropa akan membantu Kroasia lolos ke babak 16 besar.