BolaSkor.com - Di Grup F, juara bertahan Jerman akan ditandang oleh Meksiko, Korea Selatan, dan Swedia. Rasanya skenario dari grup ini sudah bisa diterka; Jerman tanpa banyak hambatan akan melaju ke babak 16 besar.

Sepanjang sejarah Piala Dunia, Jerman merupakan salah satu tim yang tampil konsisten. Bahkan ada ujaran "jangan pernah mencoret Jerman dari daftar calon juara" tiap kali Piala Dunia akan berlangsung.

Dalam 13 turnamen sejak 1966, Die Mannschaft telah tiga kali mengangkat trofi, empat kali menjadi runner-up, dan tiha kali menempati posisi ketiga.

Setelah sukses kembali menjadi juara empat tahun lalu, setelah menunggu 24 tahun, kini Jerman berpeluang menjadi kampiun back-to-back.

Setelah kalah di semifinal Piala Eropa 2016, Jerman mencatat 22 pertandingan tanpa kekalahan. Tim Panzer juga mencatat sukses Piala Konfederasi musim panas lalu dengan rekor tak terkalahkan.

Pada Kualifikasi Piala Dunia ini, Jerman meraih hasil sempurna, 10 kemenangan dalam 10 laga dengan selisih gol 43-4.

Saat ini Jerman memiliki banyak stok pemain, buah dari proses regenerasi yang apik. Joachim Low, yang telah menghabiskan 14 tahun sebagai asisten dan pelatih kepala memiliki pengalaman dalam membawa timnya meraih sukses dalam turnamen.

Jerman di Grup F akan mendapat tantangan dari Meksiko yang diperkuat sekitar selusin pemain liga Eropa. Jangan heran jika El Tri menjadi calon kuat pendamping Jerman lolos ke babak 16 besar. Namun, siapapun yang lolos sebagai peringkat kedua dari grup ini, mereka kemungkinan besar akan menghadapi Brasil di babak 16 besar.

Kuda Hitam

Swedia kembali tampil di putaran final Piala Dunia setelah absen selama 12 tahun. Swedia lolos seelah secara mengejutkan menyingkirkan Italia di babak playoff.

Banyak ang meragukan kemampuan Swedia yang sudah tak lagi diperkuat Zlatan Ibrahimovic. Tetapi Swedia mampu berfungsi lebih baik tanpa Zlatan.

Peserta lain di Grup F adalah Korea Selatan yang akan tampil untuk kesembilan kalinya dalam turnamen ini berturut-turut. Hanya Brasil, Argentina, Jerman, dan Spanyol yang memiliki coretan lebih panjang.


PREDIKSI

Hampir mustahil Jerman gagal lolos dari penyisihan grup. Terlebih pada pesaing di Grup F berada sat level di bawah Thomas Muller dkk. Persaingan sengit akan terjadi memperebutkan posisi kedua. Dan, Meksiko berpeluang memenangi persaingan.