BolaSkor.com - Inilah waktunya Generasi Emas Belgia bersinar. Boleh jadi ini menjadi kesempatan terakhir bagi Golden Generation.

Perebutan tiket ke babak 16 besar di Grup G terbilang menarik, khususnya untuk posisi pertama klasemen. Posisi yang tampaknya bakal diperebutkan Belgia dan Inggris.

Jika semua berjalan lancar, Belgia berpeluang menyapu bersih semua laga penyisihan grup. Termasuk mengalahkan Inggris? Benar. Dari segi materi pemain, Belgia masih lebih baik ketimbang Inggris.

Eden Hazard, Thibaut Courtois, Vincent Kompany, dan Kevin De Bruyne plus Romelu Lukaku sangat menonjol di Premier League, kompetisi yang diikuti oleh semua anggota skuat Inggris.

Sebah negara kecil bisa memiliki sebuah tim sarat bintang memang sangat luar biasa. Namun, Belgia masih harus membuktikannya di atas lapangan, setelah dalam dua kesempatan terakhir selalu gagal mencapai hasil optimal.

Favorit lain di grup ini, tentu saja Inggris. Laga terakhir grup melawan Belgia bisa menjadi penentu langkah Inggris yang gagal total pada penampilan terakhir mereka di Piala Dunia dan Piala Eropa.

Inggris dipastikan akan alami kesulitan menghadapi Belgia yang pada kualifikasi mencatat sembilan kali menang dan hanya sekali kalah dengan selisih gol luar biasa, 43-6.

Sementara masih ada keraguan yang menggantung di kubu Inggris. Bahkan publik Inggris sendiri tak menaruh banyak harapan pada pasukan asuhan Gareth Southgate itu. Hal ini tak lepas dan prestasi minor yang acap dicatat Inggris di ajang empat tahunan ini.

Selepas menjadi semifinalis pada 1990, Inggris gagal mencapai perempat final delapan kali dalam 12 Piala Dunia dan Eropa terakhir.

Kuda Hitam

Jika Inggris tak waspada dan gagal tampil baik, bukan mustahil Tunisia atau Panama menyalip dan merebut jatah ke babak 16 besar. Masih ingat bagaimana Inggris disingkirkan tim kecil macam Islandia pada Piala Eropa lalu? Masih ingat pula bagaimana Inggris gagal lolos dar fase grup pada Piala Dunia empat tahun lalu? Dan Tunisia memiliki kesempatan untuk menjadi pengganjal Inggris di Rusia nanti.

PREDIKSI

Dengan kuat yang dimiliki, Belgia tak akan menemui kesulitan untuk melangkah ke babak 16 besar sebagai juara Grup G. Inggris dengan pelatih debutan dan tim mudanya akan menjadi pendamping Belgia. Inggris akan lolos dengan catatan mampu mengatasi demam panggung yang memengaruhi penampilan.