BolaSkor.com - Persaingan di Grup H Piala Dunia 2018 bisa dikatakan unik. Bagaimana tidak, di grup ini yang memiliki status unggulan adalah Polandia.

Enam bulan lalu, FIFA melakukan undian menggunakan peringkat terbaru untuk menentukan delapan unggulan teratas, terkecuali Rusia sebagai tuan rumah. Muncul sebagai unggulan Jerman, Argentina, Brasil, Belgia, Portugal, dan Prancis. Lalu kemudian ada Polandia.

Iya, Polandia, yang gagal lolos lima dari tujuh Piala Dunia sebelumnya dan gagal keluar dari babak penyisihan grup di dua lainnya. Polandia yang membutuhkan 48 tahun untuk lolos ke ajang Piala Eropa pertama mereka.

Anehkah? Tidak juga. Polandia kembali menunjukkan prestasi saat tampil apik pada Euro 16. Saat itu, Polandia mampu menuai poin yang sama dengan Jerman di penyisihan untuk lolos ke 16 besar. Langkah Polandia terhenti pada perempat final setelah dihentikan Portugal lewat adu penalti.

Perjalanan Polandia menuju Rusia pun terbilang sangat bagus. Dari sepuluh laga mereka mampu menang delapan kali, sekali imbang, dan sekali kalah.

Untuk Piala Dunia 2018, Polandia terbilang beruntung karena berada di grup yang relatif ringan. Wajar jika Robert Lewandowski cs diprediksi menjadi wakil dari Grup H dengan status juara grup.

Tantangan bagi Polandia akan datang dari Kolombia yang memiliki pengalaman lebih banyak di ajang turnamen ini ketimbang Polandia.

Penagihan teratas diberikan kepada James Rodriguez, pemenang Sepatu Emas 2014 dengan enam gol selama perempatfinal. Dengan pemain seperti James Rodriguez, yang mencuat empat tahu lalu, Radamel Falcao, Juan Cuadrado, dan Davinson Sanchez, Kolombia bukan tak mungkin akan mengambil posisi teratas grup ini.


Kuda Hitam

Senegal akhirnya bisa kembali tampil di Piala Dunia setelah pada debutnya di Piala Dunia 2002 mereka mampu membuat kejutan dengan mencapai perempat final. Dengan pemain yang banyak merumput di Eropa seperti Sadio Mane, Senegal memiliki potensi besar kembali membuat kejutan.

Sementara Jepang yang selalu tampil di Piala Dunia sejak debut pada 1998, akan sulit bersaing di grup ini.


PREDIKSI

Persaingan memperebutkan tiket babak 16 besar sebagai juara grup akan berlangsung sengit. Pasalnya, jenjang kualtas antara empat tim di grup ini sangatlah tipis. Meski Polandia pada undian berstatus sebagai unggulan, namun mereka akan lolos ke 16 besar bukan sebagai pimpinan grup. Posisi ini akan menjadi milik Kolombia.