BolaSkor.com - Kejutan besar terjadi sehari sebelum Piala Dunia 2018 berlangsung di Rusia. Juara Piala Dunia 2010 dan Euro dua kali (2008 dan 2012), timnas Spanyol dihadapkan pada masalah besar perihal pemecatan Julen Lopetegui.

Semuanya terjadi karena Real Madrid. Ya, Los Merengues memberi pengumuman besar di waktu yang tidak tepat. Mereka mengumumkan Lopetegui sebagai suksesor Zinedine Zidane yang akan mulai melatih Madrid pasca Piala Dunia 2018.

Jelas, timing atau pemilihan waktu Madrid tidak tepat, karena Lopetegui masih berstatus pelatih Spanyol. Publik khawatir pengumuman tersebut menganggu fokus para pemain timnas Spanyol, khususnya Lopetegui, yang seharusnya hanya fokus untuk tampil optimal di Piala Dunia.

RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol) jelas berang dengan pengumuman mendadak Madrid itu. Tanpa tedeng aling-aling, mereka memecat Lopetegui, tidak peduli meski Piala Dunia sudah di depan mata. RFEF langsung menunjuk legenda Madrid, Fernando Hierro, sebagai pelatih anyar.

Sergio Ramos, kapten Spanyol, turut angkat bicara mengenai permasalahan tersebut seraya menenangkan fans La Furia Roja.

"Kami yang terpilih, kami mewakili sebuah tameng, beberapa warna, sebuah hobi dan negara. Tanggung jawab dan komitmen ada bersama Anda dan untuk Anda. Kemarin, hari ini, dan besok, bersama," ucap Ramos di Twitter @SergioRamos, Rabu (13/6).

Ada-ada saja memang masalah Spanyol menjelang H-1 Piala Dunia. Pergantian pelatih itu jelas akan mengurangi kans mereka menjuarai Piala Dunia, karena Hierro bukanlah Lopetegui. Ide bermain keduanya tidak mungkin sama. Para pemain Spanyol akan dituntut beradaptasi dengan sangat cepat di waktu yang singkat, untuk segera memahami keinginan bermain Hierro.