Piala Dunia 2018: Tak Hanya Xhaka dan Shaqiri, FIFA Juga Akan Periksa Kapten Timnas Swiss

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 25 Juni 2018
Piala Dunia 2018: Tak Hanya Xhaka dan Shaqiri, FIFA Juga Akan Periksa Kapten Timnas Swiss
Stephan Lichsteiner (Zimbio)

BolaSkor.com- Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA, tak hanya akan memeriksa Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri atas perayaan gol kontroversial saat Swiss menghadapi Serbia. Namun, FIFA juga berniat memproses kapten tim nasional Swiss, Stephan Lichsteiner.

Shaqiri dan Xhaka menjadi pencetak gol saat Swiss menang 2-1 atas Serbia. Kedua pemain tersebut kompak melakukan selebrasi dengan membuat simbol burung elang yang menjadi lambang negara Albania.

Aksi tersebut kemudian menjadi kontroversial. FIFA tidak mentolerir adanya campur tangan politik dalam sepak bola.

Xhaka dan Shaqiri merupakan pemain kelahiran Kosovo, negara yang pernah berkonflik dengan Serbia. Kedua pemain tersebut kemudian pindah ke Swiss saat terjadi perang.

Meski tidak mencetak gol, Lichsteiner tetap terseret dalam kasus ini. FIFA menilai selebrasi yang dilakukan Lichsteiner juga berbau politik.

"Komisi Disiplin FIFA juga akan melakukan proses terhadap Lichsteiner untuk perayaan gol saat Swiss menghadapi Serbia," tulis pernyataan resmi FIFA dikutip dari Daily Mail, Senin (25/6).

"Selain itu, dalam pertandingan yang sama, FIFA juga akan memproses Ketua Federasi Sepak Bola Kroasia, Slavisa Kokeza dan pelatih Mladen Krstajic atas pernyataan mereka di media setelah laga."

Adapun Shaqiri membantah selebrasi yang dilakukannya bertujuan politis. Ia mengaku hanya terbawa suasana dan tidak sengaja membuat simbol tersebut.

Breaking News Piala Dunia Piala Dunia 2018 Swiss Serbia Granit Xhaka
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan