Piala Dunia 2018: Thierry Henry Vs Timnas Prancis

Arief HadiArief Hadi - Senin, 09 Juli 2018
Piala Dunia 2018: Thierry Henry Vs Timnas Prancis
Thierry Henry di sesi latihan timnas Belgia (Zimbio)

BolaSkor.com - Usai wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga antara Belgia kontra Brasil di Kazan Arena, seluruh pendukung, staf kepelatihan, hingga pemain Belgia larut dalam euforia merayakan kemenangan 2-1 atas juara dunia lima kali.

Semua ikut senang atas kelolosan The Red Devils ke semifinal Piala Dunia 2018. Tidak terkecuali asisten pelatih Roberto Martinez, Thierry Henry, yang memeluk satu per satu pemain Belgia. Entah dia menyadarinya atau tidak saat itu, kepastian tersebut juga mengartikan: Belgia jumpa Prancis di semifinal.

Prancis bukan sekedar lawan berat di atas kertas untuk Belgia, melainkan negara kelahiran Henry. Namanya begitu 'besar' di negeri yang memiliki ikon Menara Eiffel itu. Henry merupakan top skor sepanjang masa negaranya dengan torehan 51 gol dari 123 pertandingan.

Tidak hanya itu, Les Bleus juga pernah dibawa Henry menjuarai Piala Dunia 1998, Euro 2000, dan Piala Konfederasi 2003. Kecintaannya kepada Prancis tidak diragukan lagi. Tetapi, apakah perasaannya akan tetap sama saat semifinal nanti berlangsung? Tidak ada yang tahu.

Henry dihadapkan pada profesionalisme sebagai asisten pelatih Belgia, serta kecintaan atau jiwa nasionalis sebagai legenda hidup Prancis. Ironis tentunya, apabila Belgia nantinya lolos, lalu Henry bersenang-senang di atas penderitaan Prancis.

Marca, media Spanyol, sampai memuat Henry sebagai musuh 'terbesar' Prancis menjelang semifinal nanti. Seiring jabatannya sebagai asisten pelatih, Henry bisa saja membeberkan kekurangan dan kelemahan tiap pemain Prancis kepada Belgia.

Contohnya seperti ini: Henry bisa memberitahu Romelu Lukaku apa sisi lemah dari duet bek Prancis, Samuel Umtiti dan Raphael Varane, atau memberitahu kepada bek Belgia, bagaimana cara menghentikan Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan Olivier Giroud.

Henry jelas akan jadi sorotan utama pada laga nanti. Giroud pun menyayangkan pertemuannya dengan Henry sebagai lawan, bukan kawan.

"Saya lebih suka jika dia (Henry) bersama kami dan memberikan sarannya kepada saya. Dia legenda hidup untuk sepak bola Prancis dan kami sangat respek kepadanya. Kami punya banyak respek atas hal yang sudah dilakukannya, tapi, kami tidak akan terlalu memikirkannya," tutur Giroud di Goal, Minggu (8/7).

"Saya bukannya cemburu. Ada banyak respek di antara kami. Saya tidak membencinya. Pekerjaan saya adalah tampil bagus ketika bertanding, membantu tim saya. Tetapi, saya juga dengan bangga menunjukkan kepada Titi bahwa dia salah memilih kubu!" candanya.

Pertandingan antara Prancis kontra Belgia akan berlangsung Rabu, 11 Juli 2018 pukul 01.00 dini hari WIB di Saint Petersburg Stadium. Kamera nantinya juga diprediksi banyak menyoroti Henry.

Breaking News Timnas Prancis Timnas Belgia Thierry Henry Piala Dunia 2018 Olivier giroud
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan