BolaSkor.com - Persaingan fase grup Piala Dunia 2022 berjalan sangat sengit. Hal itu terbukti dengan baru tiga tim yang baru dipastikan melaju ke babak 16 besar usai matchday kedua.

Keraguan awalnya mengiringi penyelenggaraan Piala Dunia 2022. Pelaksanaan yang berlangsung di pertengahan musim membuat persiapan negara peserta sangat singkat.

Hasil undian fase grup yang cukup adil sempat diprediksi akan memuluskan langkah para unggulan menuju babak 16 besar. Namun yang terjadi di lapangan jauh dari yang dibayangkan.

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Grup G-H Piala Dunia 2022: Portugal ke 16 Besar

8 Fakta Menarik Usai Brasil Lolos ke Babak 16 Besar

Brasil 1-0 Swiss: Samba Susul Prancis ke Babak 16 Besar

Tim-tim asal Asia dan Afrika enggan menjadi penggembira semata. Arab Saudi dan Jepang bahkan membuat kejutan besar dengan menumbangkan Argentina serta Jerman.

Hal ini membuat perebutan tiket ke babak 116 besar berlanjut hingga laga terakhir. Bukan tidak mungkin kejutan besar kembali berlanjut.

Namun dari serangkaian kejutan, ada tiga unggulan yang tak menemui hambatan berarti. Tim-tim yang dimaksud adalah Prancis, Brasil, dan Portugal.

Ketiga tkim itu menyapu bersih dua laga fase grup dengan kemenangan. Hasil itu secara otomatis membawa mereka ke 16 besar dengan peluang besar untuk menjadi juara grup.

Prancis menjadi tim pertama yang merebut tiket ke 16 besar. Sang juara bertahan yang tergabung di grup D sukses meraih kemenangan atas Australia dan Denmark. Dari dua laga tersebut, tim asuhan Didier Deschamps mampu mencetak enam gol dan hanya kebobolan dua kali.

Brasil kemudian menjadi tim kedua yang lolos ke babak 16 besar. Kepastian itu didapat usai menang tipis 1-0 kontra Swiss.

Portugal menjadi tim terakhir yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar pada matchday kedua. Bruno Fernandes tampil sebagai inspirator dengan koleksi dua gol dan dua assist saat mengalahkan Ghana dan Uruguay.

Berikut ini tim-tim yang telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022:

1. Prancis
2. Brasil
3. Portugal