Piala Dunia 2022: Anomali Jepang dan Drama Grup E

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 02 Desember 2022
Piala Dunia 2022: Anomali Jepang dan Drama Grup E
Jepang melaju ke babak 16 besar dengan status juara grup E. (Twitter)

BolaSkor.com - Drama mendebarkan tersaji pada laga terakhir grup E Piala Dunia 2022. Jepang dan Spanyol yang harus saling bunuh akhirnya tersenyum paling akhir.

Persaingan di grup E memang menjadi salah satu yang terketat di Piala Dunia 2022. Hingga berakhirnya laga kedua, Jepang, Spanyol, Jerman, dan Kosta Rika masih punya peluang untuk lolos ke babak 16 besar.

Tak heran jika keempat tim tersebut tampil habis-habisan pada laga terakhir. Kemenangan memang menjadi syarat wajib untuk lolos ke babak 16 besar.

Baca Juga:

11 Fakta Menarik Jepang dan Spanyol ke Babak 16 Besar

Babak 16 Besar Piala Dunia 2022: Jepang Tantang Kroasia, Maroko Bertemu Spanyol

Hasil dan Klasemen Akhir Grup E Piala Dunia 2022: Jepang Kalahkan Spanyol, Jerman Tersingkir Lagi

Hingga babak pertama berakhir, Spanyol sempat berada di atas angin usai unggul 1-0 atas Jepang. Andai mampu mempertahankannya, La Furia Roja dipastikan mengamankan status juara grup.

Di waktu bersamaan, Jerman juga memimpin 1-0 atas Kosta Rika. Serge Gnabry menjaga asa Der Panzer lewat golnya pada menit kesepuluh.

Namun drama di grup E, mencapai klimaks-nya pada paruh kedua. Itu setelah Jepang dan Kosta Rika mampu melakukan comeback.

Jepang berbalik unggul pada awal babak kedua. Ritsu Doan dan Ao Tanaka membobol gawang Unai Simon dalam tempo tiga menit saja.

Sementara Kosta Rika juga berbalik mengungguli Jerman saat laga memasuki menit ke-70. Kondisi ini membuat situasinya berbalik.

Jepang dan Kosta Rika dipastikan melaju ke babak 16 besar andai skor tidak berubah. Spanyol dan Jerman pun berusaha keras untuk kembali bangkit.

Jerman pada akhirnya berhasil membalikkan kedudukan lagi dan menang 4-2. Sementara Jepang mampu mempertahankan kemenangannya atas Spanyol hingga laga usai.

Kemenangan atas Spanyol membuat Jepang lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup. Sementara Jerman gagal mengikutinya karena kalah selisih gol dengan Spanyol yang sama-sama mengemas empat poin.

Kesuksesan Jepang menjadi juara grup E tentu di luar prediksi. Apalagi dalam perjalanannya, tim asuhan Hajime Moriyasu mampu mengalahkan Jerman dan Spanyol.

Anehnya, Jepang justru takluk dari Kosta Rika. Hal ini menimbulkan anomali tersendiri.

Jepang seolah lebih mampu mengeluarkan kekuatan maksimalnya saat jumpa tim besar. Hal ini membuat wakl Asia tersebut melangkah ke babak 16 besar dengan rasa percaya diri tinggi.

"Tujuan baru kami adalah berada di perempat final. Saya ingin mencetak rekor baru (untuk tim Jepang) dan berada di antara delapan besar dalam kompetisi ini," kata Moriyasu usai pertandingan.

Jepang akan bertemu Kroasia pada babak 16 besar. Sang calon lawan merupakan finalis edisi sebelumnya.

Timnas Jepang Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan