Piala Dunia 2022: Cerahnya Masa Depan Sepak Bola Amerika Serikat

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 15 Oktober 2022
Piala Dunia 2022: Cerahnya Masa Depan Sepak Bola Amerika Serikat
Timnas Amerika Serikat (Twitter)

BolaSkor.com - Pasca absen di Piala Dunia 2018 timnas Amerika Serikat kembali berpatisipasi di Piala Dunia 2022 yang akan dihelat di Qatar. Timnas Amerika Serikat bukan tim unggulan tapi punya potensi jadi kejutan.

Tim besutan Gregg Berhalter berada di grup B bersama Inggris, Iran, dan Wales. Satu slot punya potensi besar diamankan oleh Inggris ke fase gugur, menyisakan satu slot lagi untuk diperebutkan Amerika Serikat, Iran, dan Wales.

Berbicara mengenai Amerika Serikat, sepak bola di sana masih dipandang kalah pamor dari olahraga populer lainnya seperti basket (NBA), baseball, dan American Football. Tak ayal tidak terlalu banyak yang membahas level sepak bola di sana dengan liganya (MLS), yang juga dianggap liga untuk eks pemain top Eropa yang akan pensiun.

Pelatih Crystal Palace, Patrick Vieira, tidak setuju dengan anggapan tersebut. Sebagai sosok yang pernah mencari pengalaman melatih di Negeri Paman Sam dengan New York City (2016-2018), Vieira menilai sepak bola di Amerika Serikat juga berkembang dengan passion orang-orang di sana.

Baca Juga:

Nostalgia Piala Dunia: Tiang Pancang Prestasi Jerman yang Dimulai pada 1954

Nostalgia Piala Dunia: Mengenang Kiprah Pelatih Tersukses, Vittorio Pozzo

Nostalgia Piala Dunia - Magical Magyars, Sepak Bola Sosialis, dan Prototipe Total Football

"Orang-orang Inggris atau Eropa akan terkejut dengan gairah permainan dan sepak bola di Amerika Serikat. Bahkan saya sendiri, saya sangat terkejut karena kami bermain di tempat yang berbeda dan stadion, suasananya," terang Vieira dikutip dari Goal.

"Orang-orang datang sebelum atau melihat penggemar setelah pertandingan. Ada gairah di sana yang tumbuh setiap tahun dan saya pikir masa depan terlihat sangat cerah untuk sepak bola AS."

"Ada banyak orang Amerika sekarang datang pada usia dini di Eropa dan bermain, mencoba untuk belajar lebih banyak lagi, mencoba mengembangkan diri dan menantang diri mereka sendiri. Ini adalah negara besar yang saya yakin mereka akan sukses dalam waktu dekat di masa depan."

Vieira tidak salah. Dalam skuad timnas Amerika Serikat saat ini banyak pemain yang berkarier di Eropa seperti Christian Pulisic (Chelsea), Brenden Aaronson (Leeds United), Weston McKennie (Juventus), Sergino Dest (AC Milan), dan Matt Turner (Arsenal).

Amerika Serikat Timnas amerika serikat Piala dunia 2022
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.162

Bagikan