BolaSkor.com - Kemenangan Portugal atas Ghana pada laga perdana grup H Piala Dunia 2022 diwarnai kontroversi. Kinerja wasit Ismail Elfath dan VAR menjadi sorotan.

Dalam laga yang berlangsung di Stadium 974, Kamis (24/11), Portugal mengalahkan Ghana dengan skor tipis 3-2. Seluruh gol dalam pertandingan ini terjadi pada babak kedua.

Tiga gol kemenangan Portugal dicetak oleh Cristiano Ronaldo, Joao Felix, dan Rafael Leao. Sementara Ghana hanya mampu membalas dua kali lewat aksi Andre Ayew dan Osman Bukan.

Baca Juga:

Portugal 3-2 Ghana: Drama Lima Gol dan Rekor yang Dipecahkan Cristiano Ronaldo

Bintang Laga Portugal Vs Ghana: Bruno Fernandes, Kreator Serangan Selecao

6 Fakta Menarik Usai Portugal Libas Ghana

Namun sorotan tertuju kepada gol pertama yang dicetak oleh Ronaldo lewat titik putih. Keputusan wasit memberikan hadiah penalti untuk Portugal dinilai keliru.

Wasit menganggap Ronaldo dilanggar oleh Mohammed Salisu di kotak terlarang. Namun dari tayangan ulang, megabintang Portugal itu seperti mencoba diving karena sentuhannya relatif ringan.

Pada momen inilah kinerja Ismail Elfath sebagai pengadil dipertanyakan. Ia tidak mengecek VAR untuk mempertimbangkan momen tersebut.

Momen benturan Cristiano Ronaldo dan Mohammed Salisu yang berujung penalti.

Tak heran jika hal itu membuat geram pelatih Timnas Ghana, Otto Addo. Ia mempertanyakan fungsi VAR di Piala Dunia 2022.

"Wasit memberikan penalti yang bukan penalti dan semua orang melihatnya. Mengapa? Karena itu Ronaldo atau semacamnya?" kata Addo usai laga kepada Bein Sports.

"Saya tidak punya bukti jika dia (wasit) akan memutuskan secara berbeda untuk orang lain. Ada kontak pemain tapi apakah VAR tidak memperhatikan?"

FIFA harusnya segera merespons kontroversi ini dengan cepat. Polemik seperti ini bisa mengganggu kelancaran Piala Dunia 2022.