Piala Dunia 2022: Dilema Masa Depan Gareth Southgate Bersama Timnas Inggris

Arief HadiArief Hadi - Senin, 12 Desember 2022
Piala Dunia 2022: Dilema Masa Depan Gareth Southgate Bersama Timnas Inggris
Gareth Southgate (Twitter)

BolaSkor.com - Enam tahun sudah pelatih berusia 52 tahun, Gareth Southgate, melatih timnas Inggris. Dalam kurun waktu tersebut Southgate membawa The Three Lions mencapai semifinal Piala Dunia 2018, final Piala Eropa 2020, dan perempat final Piala Dunia 2022.

Pencapaian yang bagus dalam CV karier kepelatihannya, tetapi bagi negara sekaliber Inggris beserta fansnya itu saja tidak cukup. Inggris wajib memenangi trofi di turnamen besar yang mereka ikuti. Itulah mengapa mereka selalu jadi favorit juara.

Tite, Louis van Gaal, Luis Enrique, beberapa contoh pelatih yang mengundurkan diri usai timnya tersingkir di Piala Dunia 2022. Southgate punya kontrak hingga 2024 (sampai Piala Eropa 2024) dengan Inggris.

Akan tapi ia belum memutuskan apakah akan terus melatih Harry Kane dkk setelah tersingkir di perempat final Piala Dunia 2022, kala Inggris kalah 1-2 melawan Prancis.

Baca Juga:

Piala Dunia 2022: Kutukan Perempat Final Ancam Posisi Gareth Southgate

Inggris Dikalahkan Prancis, Skema Pergantian Pemain Gareth Southgate Tuai Kritik

Dibayangi Ancaman Pemecatan, Gareth Southgate Kalem

"Saya tak ingin dalam waktu empat-lima bulan berpikir membuat keputusan yang salah. Sangatlah penting untuk semuanya untuk melakukan kesalahan tersebut," papar Southgate dikutip dari BBC Sport.

"Saya merasa sebagian besar dari 18 bulan terakhir ini sulit. Untuk semua yang saya sukai dalam beberapa minggu terakhir, saya masih memiliki apa yang telah terjadi selama 18 bulan - apa yang telah dikatakan dan apa yang telah ditulis, malam di Wolves."

"Ada banyak hal di kepala saya yang benar-benar bertentangan saat ini, jadi yang ingin saya pastikan, jika itu adalah hal yang tepat untuk bertahan, adalah bahwa saya pasti punya energi untuk melakukan itu."

Apa yang terjadi di Wolves atau tepatnya Molineux Stadium terjadi pada Juni lalu, kala Inggris kalah mengejutkan 0-4 lawan Hungaria di grup UEFA Nations League. Fans Inggris kompak menyoraki Southgate. "Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan," ucap fans.

Catatan Inggris di era Gareth Southgate sedianya tidak buruk dengan catatan enam kemenangan di fase gugur turnamen besar, jumlah yang sama dimenangi Inggris dalam kurun waktu 48 tahun sebelum ia melatih sejak 2016.

Southgate juga memenangi 49 dari 81 laga dengan Inggris - kekalahan dari Prancis jadi yang ke 14. Persentase kemenangannya 60,49 persen dan menempatkannya di urutan empat di antara pelatih-pelatih Inggris.

Kendati belum memutuskan soal masa depannya, Southgate masih dapat dukungan untuk terus melanjutkan pekerjaannya dari figur-figur seperti Rio Ferdinand, Gary Neville, Ian Wright, Roy Keane, Martin Keown, Jermaine Jenas, Alan Shearer.

Bahkan dari pemain-pemainnya seperti Harry Maguire dan Declan Rice. "Saya benar-benar berharap dia bertahan karena dia akar grup yang kami miliki, dan bagaimana dia membentuk kami, jadi bagian spesial di dalamnya. Saya suka bermain dengannya dan juga untuk Inggris," papar Rice.

Berikut rekor pelatih-pelatih Inggris di Piala Dunia atau Piala Eropa:

Gareth Southgate: 19 Laga, 11 Kemenangan, 4 Hasil Imbang, 4 Kekalahan
Sir Bobby Robson: 15 Laga, 5 Kemenangan, 4 Hasil Imbang, 6 Kekalahan
Sven-Goran Eriksson: 14 Laga, 7 Kemenangan, 5 Hasil Imbang, 2 Kekalahan
Sir Walter Winterbottom: 14 Laga, 3 Kemenangan, 5 Hasil Imbang, 6 Kekalahan
Sir Alf Ramsey: 12 Laga, 8 Kemenangan, 1 Hasil Imbang, 3 Kekalahan
Roy Hodgson: 11 Laga, 3 Kemenangan, 5 Hasil Imbang, 3 Kekalahan
Ronald Greenwood: 8 Laga, 4 Kemenangan, 3 Hasil Imbang, 0 Kekalahan
Terry Venables: 5 Laga, 2 Kemenangan, 3 Hasil Imbang, 0 Kekalahan
Glenn Hoddle: 4 Laga, 2 Kemenangan, 1 Hasil Imbang, 1 Kekalahan
Fabio Capello: 4 Laga, 1 Kemenangan, 2 Hasil Imbang, 1 Kekalahan
Kevin Keegan: 3 Laga, 1 Kemenangan, 0 Hasil Imbang, 2 Kekalahan
Graham Taylor: 3 Laga, 0 Kemenangan, 2 Hasil Imbang, 1 Kekalahan

Gareth southgate Inggris Timnas Inggris Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan