Piala Dunia 2022: Inggris 6-2 Iran, Gareth Southgate Masih Kesal

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 22 November 2022
Piala Dunia 2022: Inggris 6-2 Iran, Gareth Southgate Masih Kesal
Gareth Southgate (Twitter)

BolaSkor.com - Salah satu tim favorit juara Piala Dunia 2022, timnas Inggris, memulai turnamen akbar sepak bola dunia tahun ini dengan hasil akhir yang meyakinkan saat melawan Iran di Khalifa International Stadium, Senin (21/11) malam WIB.

Tidak tanggung-tanggung The Three Lions menang telak dengan skor setengah lusin gol 6-2 atas Iran. Gol-gol Inggris dilesakkan oleh Jude Bellingham (35'), Bukayo Saka (43' 62'), Raheem Sterling (45+1'), Marcus Rashford (71'), dan Jack Grealish (90') yang dibalas dua gol Mehdi Taremi (65', 90+13' penalti).

Inggris besutan Gareth Southgate memperlihatkan perbedaan kelas bermain dan kualitas di pertandingan tersebut. Terlihat dengan 79 persen penguasaan bola dengan catatan 13 tendangan (tujuh tepat sasaran).

Pesta gol dan tiga poin dicatatkan Harry Kane dkk. Akan tapi pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, masih kesal dengan hasil tersebut sebab gawang timnya yang dijaga Jordan Pickford kebobolan dua gol.

Baca Juga:

Inggris 6-2 Iran: Hujan Gol, The Three Lions dan Southgate Catat Sejarah

Piala Dunia 2022: Masih Bisa Naik Level, Kylian Mbappe Baru Capai Potensi 50 Persen

Bintang Laga Inggris Vs Iran: Bukayo Saka Keluar dari Mimpi Buruk

Gol pertama Taremi dicetak kala ia memanfaatkan kelengahan lini belakang Inggris yang digalang Harry Maguire dan John Stones. Lalu gol kedua dari penalti setelah pemain Iran dilanggar di kotak terlarang Inggris.

Kedua gol itu tidak seharusnya terjadi dan itulah yang membuat Southgate kesal selepas laga berakhir. Southgate pun meminta kepada anak-anak asuhnya untuk meningkatkan performa di laga-laga berikutnya.

"Saya agak muak dengan akhirnya. Untuk menang dengan margin itu, untuk bermain seperti yang kami lakukan untuk sebagian besar permainan, kami harus benar-benar bahagia - itulah cara para pemain bersiap, mereka terlihat siap dan mereka menghadapi permainan dengan sangat baik," papar Southgate di laman resmi Federasi Sepak Bola Inggris (FA).

"Itu adalah babak pertama yang sulit, banyak penghentian, tetapi kami adalah ancaman selama itu, tekanan kami sangat bagus, dan pergerakan kami sangat bagus, jadi saya harus senang tetapi kami tidak boleh kebobolan dua gol pada tahapan laga tersebut."

"Kami harus benar dalam permainan kami melawan Amerika Serikat (di pertandingan berikutnya). Ini awal yang bagus tapi kami harus menjadi lebih baik," tegas Southgate.

"Ini adalah konsekuensi dari skor dan kami memiliki waktu tambahan 24 menit sepanjang pertandingan - itu waktu yang lama untuk fokus. Kami kehilangan konsentrasi dan ketika kami bermain dengan tempo yang lebih lambat, kami tidak seefektif itu."

Kendati kesal Southgate juga mengapresiasi kerja keras para pemainnya. Khususnya para pemain muda yang tampil memukau, seperti halnya Jude Bellingham yang baru berusia 19 tahun.

"Kami memiliki beberapa pemain bagus dan hari ini mereka benar-benar tampil bagus. Para pemain menyerang kami tampak mengancam sepanjang pertandingan, saya pikir pertahanan kami selama sekitar satu jam pertama benar-benar mengendalikan permainan dan bersabar dengan build-up mereka," tambah Southgate.

"Lini tengahnya sangat bagus, baik Declan maupun Jude, dan penyerang kami terlihat seperti ancaman. Itu penanda yang bagus untuk diletakkan," urai dia.

Inggris Timnas Inggris Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Gareth southgate Iran
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.105

Bagikan