Piala Dunia 2022: Ini Asia, Bung!

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Sabtu, 03 Desember 2022
Piala Dunia 2022: Ini Asia, Bung!
Timnas Jepang (Twitter Piala Dunia 2022)

BolaSkor.com - Piala Dunia 2022 telah merampungkan seluruh pertandingan pada babak grup. Menariknya, ada sejumlah wakil Asia yang melangkah ke babak gugur.

Piala Dunia adalah ajang sepak bola antarnegara terbesar. Tim nasional dari penjuru dunia saling jegal demi bermain di kompetisi empat tahunan itu.

Biasanya, tim-tim dari Asia tidak bisa berbicara banyak. Kualitas yang masih kalah dari Eropa, Amerika Selatan, bahkan Afrika membuat tim-tim dari Asia hanya menjadi pelengkap.

Namun, pemandangan itu tidak terjadi di Piala Dunia 2022 Qatar. Tampil di benua sendiri, para wakil Asia berbicara banyak.

Terdapat tiga tim dari Asia yang memastikan diri melaju ke-16 besar. Jumlah tersebut menjadi satu di antara yang terbanyak sepanjang gelaran Piala Dunia.

Tim Asia pertama yang berlaga di 16 besar adalah Australia. Socceroos menduduki posisi kedua klasemen akhir Grup D.

Baca Juga:

Babak 16 Besar Piala Dunia 2022: Brasil Bertemu Korsel, Portugal Menantang Swiss

Hasil dan Klasemen Akhir Grup G Piala Dunia 2022: Catatan Brasil Ternoda, Swiss Lengkapi 16 Besar

Hasil dan Klasemen Akhir Grup H Piala Dunia 2022: Dampingi Portugal, Korsel Lolos Dramatis ke 16 Besar

Usai menjadi bulan-bulanan Prancis, Australia bangkit. Australia meraih kemenangan melawan Tunisia dan Denmark. Bahkan, pada akhirnya Australia hanya kalah selisih gol dari Prancis yang menempati posisi puncak.

Raihan tidak kalah hebat ditorehkan Jepang. Berada di grup neraka bersama Spanyol, Jerman, dan Kosta Rika, tim Samurai Biru keluar sebagai juara Grup E.

Jepang sudah membuat kejutan sejak laga pertama. Jepang mengalahkan Jerman yang mendapatkan label calon kuat juara.

Meskipun sempat tersandung ketika bersua Kosta Rika, Jepang bangkit pada laga pamungkas dengan mengalahkan Spanyol 2-1. Hasil itu membuat Jepang meraih enam poin dari tiga laga dan memastikan Jerman angkat koper.

Semangat tidak kenal lelah lainnya diperlihatkan Korea Selatan. Son Heung-min dan kawan-kawan menembus 16 besar dengan status runner-up Grup H.

Kepastian Korea Selatan melaju ke babak berikutnya diraih usai menang 2-1 melawan Portugal. Meskipun memiliki poin, selisih gol, dan head to head yang sama dengan Uruguay, tetapi Korea Selatan unggul dalam hal produktivitas gol.

Kini, menarik ditunggu bagaimana kiprah ketiga wakil Asia itu di babak 16 besar. Apalagi, lawan yang dihadapi semakin kuat. Australia menantang Argentina, Jepang bersua Kroasia, dan Korea Selatan menghadapi Brasil.

Namun, satu yang pasti, tim-tim dari Asia membuktikan diri bisa berbicara banyak pada Piala Dunia kali ini. Mereka bukan hanya sekadar tim pelengkap.

Timnas Jepang Breaking News Piala dunia 2022 Timnas korea selatan Timnas australia
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.351

Bagikan