Piala Dunia 2022: Kutukan Perempat Final Ancam Posisi Gareth Southgate

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 11 Desember 2022
Piala Dunia 2022: Kutukan Perempat Final Ancam Posisi Gareth Southgate
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate (Twitter)

BolaSkor.com - Kutukan perempat final kembali menghampiri Timnas Inggris di Piala Dunia 2022. Akibatnya, posisi Gareth Southgate sebagai pelatih kini berada dalam ancaman.

Inggris gagal melaju ke semifinal usai takluk 1-2 dari Prancis di Al Bayt Stadium, Minggu (11/12) dini hari WIB. Padahal The Three Lions tampil lebih dominan.

Prancis unggul lebih dulu di babak pertama lewat tembakan keras Aurelien Tchouameni. Namun Inggris mampu menyamakan kedudukan melalui penalti Harry Kane.

Baca Juga:

Inggris 1-2 Prancis: Olivier Giroud Antar Les Bleus ke Semifinal

Ada Kylian Mbappe, Prancis Akan Libas Inggris

Perempat Final Piala Dunia 2022: Coba Hentikan Kylian Mbappe, Timnas Inggris

Sundulan Olivier Giroud 12 menit sebelum waktu normal berakhir menjadi penentu kemenangan Prancis. Hal itu juga terbantu dengan kegagalan Kane mencetak gol dari hadiah penalti kedua beberapa menit kemudian.

Inggris pun kembali tersingkir di perempat final. Menurut catatan Opta, ini menjadi kali ketujuh hal itu terjadi di Piala Dunia.

Kutukan perempat final sebenarnya telah dihapus tim asuhan Southgate pada edisi 2018. Ketika itu, Inggris mampu melaju ke semifinal usai mengalahkan Swedia 2-0.

Inggris kembali melewati kutukan perempat final saat berlaga di ajang Piala Eropa 2020. Mereka bahkan nyaris juara andai tak takluk dari Italia di partai puncak.

Namun kutukan perempat final ternyata belum sepenuhnya hilang dari Timnas Inggris. Namun Southgate tetap mengapresiasi kerja keras anak asuhnya.

“Saya pikir performa kami sangat bagus melawan salah satu tim terbaik dunia di Prancis. Kami menunjukkan seberapa dekat kami dengan level itu," kata Southgate usai laga dilansir dari BBC.

"Kami juga memiliki beberapa pemain muda yang memperkenalkan diri mereka di panggung dunia dan semangat yang kami harap akan membawa kami lebih jauh."

"Saya sangat bangga dengan apa yang telah dilakukan para pemain, tidak hanya malam ini tetapi sepanjang turnamen," tambahnya.

Keraguan memang mengiringi langkah Inggris di Piala Dunia 2022. Southgate dianggap belum cukup bagus untuk membuat Negeri Ratu Elizabeth itu kembali meraih gelar juara dunia.

Apalagi performa Inggris juga tak meyakinkan jelang turnamen dimulai. Tak sedikit yang meminta Southgate diganti.

Kini, kegagalan melaju ke semifinal bisa membuat Southgate kehilangan jabatannya. Namun juru taktik berusia 52 tahun itu belum mau memikirkannya.

"Turnamen ini mengambil banyak hal dari Anda dan saya perlu waktu untuk berefleksi. Kami biasa melakukannya setelah setiap turnamen dan itu adalah hal yang benar untuk dilakukan," kata Southgate.

Southgate sejatinya terikat kontrak hingga akhir tahun 2024. Namun hasil di Piala Dunia 2022 bukan tidak mungkin membuat FA mengevaluasi posisinya.

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Timnas Inggris Gareth southgate Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan