Piala Dunia 2022: Murat Yakin dan Skuad Berpengalaman Swiss

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 11 November 2022
Piala Dunia 2022: Murat Yakin dan Skuad Berpengalaman Swiss
Murat Yakin (Twitter)

BolaSkor.com - Partisipasi timnas Swiss di Piala Dunia bak menjadi rutinitas, begitu juga di Piala Eropa. Kendati demikian dari sisi prestasi Swiss tak lebihnya seperti Polandia: sama-sama punya pemain berkualitas tapi sulit juara.

Itu dapat dimaklumi mengingat juara hanya ada satu dan masih banyak negara-negara kuat dengan tradisi sepak bola bagus, seperti Italia, Spanyol, Inggris, Belanda, dan Jerman. Meski begitu Swiss tak bisa diremehkan karena mereka bisa jadi kuda hitam.

Pelatih timnas Swiss Murat Yakin sudah menuturkan 26 nama pemain untuk Piala Dunia 2022 dan membawa skuad berpengalaman. Yakin menuturkan dengan penuh keyakinan pemain-pemain pilihannya itu bisa membantunya mencapai tujuan.

Baca Juga:

Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia, Didier Deschamps, dan Potensi Rekor Baru

Piala Dunia 2022: Lionel Scaloni, Pemutus Mata Rantai Kutukan Argentina

Menanti Kejutan Zlatko Dalic, Pelatih Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022

"Kami dimanjakan dengan pilihan di beberapa posisi,” kata Yakin dikutip dari Express.

"Banyak pemain telah memberikan penampilan yang meyakinkan dalam beberapa minggu dan bulan terakhir. Tetapi pada akhirnya saya harus membatasi diri pada 26 nama. Saya yakin bahwa 26 pemain ini selalu dapat membantu kami mencapai tujuan kami.”

Sejauh ini penampilan terbaik Swiss di Piala Dunia adalah mencapai perempat final tiga kali pada 1934, 1938, dan 1954 (sebagai tuan rumah). Di Piala Dunia 2022 Swiss berada di grup G bersama Brasil, Serbia, dan Kamerun.

Pengalaman Murat Yakin

Murat Yakin (48 tahun) datang pada 2021 menggantikan pelatih yang sudah menangani Swiss selama tujuh tahun, Vladimir Petkovic, setelah ia mengundurkan diri. Penunjukkan Yakin sempat mendapatkan sorotan.

Pasalnya ia minim pengalaman di level timnas. Meski begitu Federasi Sepak Bola Swiss memilihnya karena suatu alasan dan ketika urusannya melatih klub, Yakin cukup berpengalaman dengan karier kepelatihan yang dimulai pada 2006 dengan Concordia Basel.

Berawal dari karier sebagai asisten pelatih, Yakin perlahan melatih klub sebagai pelatih kepala di Thun, Luzern, Basel, Spartak Moscow, Schaffhausen, Grasshopppers, dan Sion. Yakin juga mantan pemain timnas Swiss dengan 49 caps dan empat gol, berposisi sebagai bek tengah.

Yakin adalah kakak tertua dari Hakan Yakin, yang juga merupakan mantan pemain timnas Swiss dan berposisi sebagai penyerang. Hakan pernah membela Basel, PSG, Galatasaray, Young Boys, dan Luzern.

Piala Dunia 2022 akan jadi turnamen besar pertama Yakin. Dalam perjalanannya, Yakin menunjukkan kualitasnya dengan finish di fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2022 di atas Italia, yang akhirnya kalah di play-off dan tidak bermain di Piala Dunia.

Pengalamannya di timnas tak banyak, tetapi Yakin dapat menjadi seperti Zlatko Dalic di Kroasia dan Gareth Southgate di Inggris dalam menangani timnas. Mereka mampu mengeluarkan kemampuan terbaik dari para pemainnya.

Tugas Yakin tidaklah berat melatih tim yang sudah kaya pengalaman, punya pemain-pemain yang berkarier di liga top Eropa, seperti Granit Xhaka (Arsenal), Fabian Schar (Newcastle United), Yann Sommer (Borussia Monchengladbach), dan Xherdan Shaqiri yang saat ini membela Chicago Fire.

Murat Yakin Sosok Swiss Timnas Swiss Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.135

Bagikan