Piala Dunia 2022: Pelatih Asing Tak Jamin Kesuksesan, Brasil Disarankan Cari Peramu Taktik Lokal

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 13 Desember 2022
Piala Dunia 2022: Pelatih Asing Tak Jamin Kesuksesan, Brasil Disarankan Cari Peramu Taktik Lokal
Tite, eks pelatih timnas Brasil (Twitter)

BolaSkor.com - Seiring keluarnya timnas Brasil di Piala Dunia 2022 pelatih Brasil, Tite, juga mengundurkan diri sesuai dengan perkataannya sebelum Piala Dunia 2022 Qatar. Brasil tersingkir setelah kalah di drama adu penalti kontra Kroasia di perempat final.

Tite melatih Brasil selama enam tahun dan kabarnya CBF, Federasi Sepak Bola Brasil, membidik pelatih Manchester City Pep Guardiola untuk melatih meski mereka juga tak mengesampingkan nama-nama pelatih lokal.

Legenda sepak bola Brasil, Rivaldo, angkat bicara soal suksesor Tite. Ia tak setuju apabila Brasil dilatih oleh pelatih asing karena menurutnya itu tak menjamin kesuksesan. Menurutnya hal terpenting adalah membantu dan mendukung para pemain Brasil.

Baca Juga:

Piala Dunia 2022: Revolusi Timnas Brasil

Profil Sofyan Amrabat: Mesin Diesel di Lini Tengah Maroko

Profil Walid Regragui, Sutradara Dongeng Timnas Maroko di Piala Dunia 2022

"Membawa pelatih asing bukan berarti kami akan menjadi juara dunia," ujar Rivaldo seperti dilansir dari Marca.

"Terutama karena, jika itu adalah kepastian, saya pikir seorang pelatih asing ingin menjadi juara dunia untuk negaranya dan membuat bangsanya bahagia. Timnya membutuhkan dia lebih dari Brasil karena hanya kami yang juara lima kali."

"Tanpa ragu, orang asing juga pelatih yang sangat bagus, tapi Selecao adalah milik kami, milik bangsa, dan harus dijalankan oleh seseorang yang memiliki darah Brasil mengalir di nadi mereka."

"Yang paling penting adalah para pemain, kami harus membantu mereka, menyemangati mereka, dan memberi mereka kepercayaan diri... karena kami memiliki generasi yang bagus dalam perjalanan dan dasar pengalaman dengan jersey Brasil."

"Piala Dunia adalah turnamen singkat dan Anda menang atau kalah dalam detail kecil, dan ini akan selalu terjadi pada tim mana pun dengan pelatih mana pun. Ini hanya pendapat saya yang rendah hati," terangnya.

Lebih lanjut Rivaldo menilai jika CBF memilih pelatih asing maka itu sama seperti tak menghormati kualitas pelatih lokal. Beberapa nama disarankan eks pemain Barcelona itu seperti Rogerio Ceni, Fernando Diniz, Cuca, Renato Gaucho, dan Dorival Junior.

"Saya tidak setuju dan saya pikir tidak sopan bagi pelatih Brasil untuk mempertimbangkan mempekerjakan pelatih asing untuk tim kami," tambah Rivaldo.

"Saya pikir kami memiliki pelatih yang mampu memimpin tim Brasil saat ini dan melakukan pekerjaan dengan baik, seperti: Rogerio Ceni, Fernando Diniz, Cuca, Renato Gaucho, dan Dorival Jr," urainya.

Rivaldo Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Brasil Timnas Brasil
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan