Piala Dunia 2022: Pesan Tersirat dari Tangisan Cristiano Ronaldo

Arief HadiArief Hadi - Senin, 12 Desember 2022
Piala Dunia 2022: Pesan Tersirat dari Tangisan Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo (Twitter)

BolaSkor.com - Perjalanan timnas Portugal berakhir di perempat final Piala Dunia 2022. Meski sempat jadi perbincangan besar menyusul kemenangan 6-1 atas Swiss di 16 besar, Portugal tampil anti-klimaks saat melawan Maroko.

Portugal tidak buruk-buruk amat dengan dominasi bola mereka atas Maroko, tetapi Maroko punya pertahanan kuat dan menang 1-0 dengan efisiensi bermain melalui gol tunggal yang dicetak Youssef En-Nesyri.

Berakhirnya kiprah Portugal besutan Fernando Santos juga ditutup dengan tangis megabintang berusia 37 tahun, Cristiano Ronaldo, yang baru bermain di babak kedua melawan Maroko. Kamera terus menyorot Ronaldo di kala ia pergi menuju kamar ganti pemain.

Terlepas dari drama yang terjadi belakangan mengenainya, dari wawancara dengan Piers Morgan yang berujung pemutusan kontrak Manchester United, tangis dari Ronaldo itu memiliki makna atau pesan tersirat.

Baca Juga:

8 Fakta Menarik Maroko ke Semifinal Usai Tekuk Portugal

Momen Ketika Cristiano Ronaldo Meninggalkan Lapangan Sambil Bercucuran Air Mata

Maroko 1-0 Portugal: Lolos ke Semifinal, Singa Atlas Ukir Sejarah

Pada usia 37 tahun tidak ada yang menjamin Ronaldo bermain lagi pada 2026 kala usianya berumur 41 tahun. Terdekat untuknya adalah Piala Eropa 2024 dan itu juga belum pasti karena umurnya berusia 39 tahun.

Tak ayal tangisan Ronaldo juga dapat dilihat sebagai momen terakhir baginya dengan seragam timnas Portugal, berakhir tanpa raihan titel Piala Dunia untuk Portugal.

“Saya ingin menyebut Cristiano Ronaldo karena saya melihat gambar dia menangis di terowongan. Itu adalah gambaran yang menyedihkan bagi saya," papar pandit sepak bola dan mantan rekan setim Ronaldo di Man United, Gary Neville, dikutip dari Mirror.

"Saat itulah dia tahu mimpinya memenangkan Piala Dunia untuk negaranya telah hilang. Kita semua berada di sana di akhir karier kita, tetapi dia adalah salah satu yang terhebat, jika bukan pemain terhebat sepanjang masa. Sangat menyedihkan melihatnya seperti itu. Dia mengalami beberapa bulan yang sulit."

Selepas laga melawan Maroko, Cristiano Ronaldo juga memberikan pesan menyentuh melalui Instagram. Portugal tak memenangi Piala Dunia dengan Ronaldo di dalam tim, tetapi mereka setidaknya sukses meraih titel Piala Eropa pada 2016 dan juga UEFA Nations League.

"Memenangkan Piala Dunia untuk Portugal adalah impian terbesar dan paling ambisius dalam karier saya. Untungnya saya memenangkan banyak gelar berdimensi internasional, termasuk Portugal, tetapi menempatkan nama negara kita di kaki tertinggi di Dunia adalah impian terbesar saya," tutur Ronaldo.

"Saya berjuang untuk itu. Saya berjuang keras untuk mimpi ini. Dalam lim,a penampilan saya mencetak gol di Piala Dunia selama 16 tahun, selalu bersama pemain hebat dan didukung oleh jutaan orang Portugis, saya memberikan segalanya."

"Tinggalkan semuanya di lapangan, saya tidak pernah memalingkan wajah saya ke pertarungan dan saya tidak pernah menyerah pada mimpi itu."

"Sayangnya kemarin mimpi itu berakhir. Tidak ada gunanya bereaksi terhadap panas. Saya hanya ingin Anda semua tahu bahwa banyak yang telah dikatakan, banyak yang telah ditulis, banyak yang telah dispekulasikan, tetapi dedikasi saya untuk Portugal tidak berubah sesaat pun. Saya selalu berjuang untuk tujuan semua dan saya tidak akan pernah berpaling dari kolega dan negara saya."

"Tidak banyak lagi yang bisa dikatakan untuk saat ini. Terima kasih Portugal. Terima kasih Qatar. Mimpi itu menyenangkan sementara itu berlangsung ... Sekarang, berharap cuaca akan menjadi penasihat yang baik dan memungkinkan masing-masing untuk menarik kesimpulan sendiri."

Ronaldo Cristiano Ronaldo Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Portugal Timnas Portugal
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan